Totalitas Julia Perez

Kompas.com - 04/12/2016, 15:00 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Dunia akting, terutama teater, menuntut totalitas. Dalam kondisi seperti apa pun yang namanya peran harus dijabanin alias dihadapi sungguh-sungguh tanpa boleh ditawar.

Begitu setidaknya menurut artis film sekaligus penyanyi dangdut Julia Perez (35) atau akrab disapa Jupe, Sabtu (3/12/2016).

Salah satu tantangan terberat Jupe untuk tampil total pernah dialaminya bahkan ketika dia masih berada di awal-awal karier keartisannya.

Sekitar tahun 2007, Jupe mendapat satu peran penting dalam pementasan teater di salah satu sekolah akting di Jakarta, yang diikutinya.

Sialnya, pada satu adegan dia mengalami kecelakaan lumayan serius.

"Jadi ada adegan saya dipukul dan harus jatuh. Waktu itu saya merem jadi enggak imbang. Jatuhnya nabrak pagar terus ada balok kayu jatuh menimpa wajah. Semua panik karena bibir saya sobek dan darah mengucur ke mana-mana, padahal pakai baju putih," ujar Jupe.

Oleh rekan-rekannya, Jupe lalu dilarikan ke rumah sakit terdekat dan mendapatkan sejumlah jahitan pada luka sobeknya.

Masalahnya, masih belum sembuh benar, Jupe harus datang ke proses pengambilan gambar sinetron.

"Saya dapat peran penjahat. Sialnya pas giliran adegan berkelahi. Saya sih sudah bilang ke sutradara kalau ada luka jahitan. Sialnya, pemain lawan saya enggak tahu. Jadi deh kena tabok lagi. Malah sampai beberapa jahitan terlepas," ujarnya sambil tertawa.

Walau pahit, Jupe mengenang kejadian itu sebagai komitmen dirinya untuk total dalam menggeluti dunia seni peran. Apa lantas pengalaman itu membuatnya kapok berteater?

"Enggak juga sih. Ini sebenarnya sudah ada tawaran. Cuma belum pas waktunya. Soalnya kalau berteater, kan, juga harus lebih total ketimbang shooting sinetron terutama saat latihan," ujar Jupe. (DWA)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 4 Desember 2016, di halaman 16 dengan judul "Totalitas".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.