Miki "Idol" Rindu Natal di Papua

Kompas.com - 14/12/2016, 18:10 WIB
EditorIrfan Maullana

TANGERANG, KOMPAS.com - Miki Idol (33) selalu rindu merayakan Natal bersama keluarga di kampung halamannya, Papua. Tradisi dimulai dari berangkat ke gereja pada tanggal 24 malam dan dilanjutkan dengan kumpul dan berdoa bersama menjelang pukul 00.00.

Bersama keluarga dan tetangga, pemilik nama asli Michael Herman Jakarimilena ini biasanya menikmati kelap-kelip lampu hias yang sengaja dipasang di atas bukit dan bermain meriam dari bambu dan kaleng.

"Kenangan indah masa kecil merayakan Natal dengan keluarga di Papua masih hadir setiap malam Natal," kata Miki di sela-sela HUT ke-20 GPIB Kasih Karunia Parung Serab, Kota Tangerang, Banten, Sabtu (10/12). Penyanyi yang naik daun setelah menempati posisi kelima Indonesian Idol musim pertama ini tampil menyanyikan tembang rohani pada acara tersebut.

Miki bercerita, saat mengalami rindu kampung halaman ketika pertama kali kuliah di Jawa Tengah, dirinya berusaha mengatasinya dengan berjalan kaki sepulang dari gereja ke rumah kos yang berjarak sekitar 1 kilometer. "Mungkin merasa kasihan melihat saya jalan kaki, seorang tukang becak menawarkan mau mengantar saya pulang ke rumah tanpa bayar ongkos. Tetapi, saya menolaknya. Kalau cepat sampai di rumah kos, saya pasti akan rindu rumah," tambah Miki yang memerankan ayah Denias dalam film Denias, Senandung di Atas Awan.

Akhir tahun 2016, Miki bakal merayakan Natal di Papua. Namun, dia juga mesti ke Manado, Sulawesi Utara, untuk mengisi pujian dalam Perayaan Natal Nasional di Tondano, Minahasa, yang dijadwalkan dihadiri Presiden Joko Widodo. (PIN)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 14 Desember 2016, di halaman 32 dengan judul "Rindu Natal di Papua".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.