Ivanka "Slank": Abdee Sudah Enggak Cuci Darah Lagi

Kompas.com - 18/01/2017, 17:13 WIB
Abdee KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGAbdee "Slank" usai wawancara di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2016) sore.
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Bassis grup band Slank, Ivanka, mengatakan kondisi kesehatan Abdee Negara cukup baik setelah menjalani operasi transplantasi ginjal akhir tahun lalu.

"Baik. Baik. Pokoknya pascaoperasi ini kan dia berarti udah enggak cuci darah. Udah mulai baik," ucapnya dalam wawancara di Galeri Indonesia Kaya (GIK), Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (18/1/2017).

Ivan mengatakan, Abdee sedang dalam tahap pemulihan di rumah. Rekannya itu, lanjutnya, harus beristirahat total dan belum boleh melakukan banyak aktivitas di luar.

[Baca: Ivanka: Abdee Slank Sudah Jalani Transplantasi Ginjal]

"Saya pernah denger cerita Dahlan Iskan, (pemulihan) bisa setahun. Setahun itu enggak melakukan aktivitas yang berisiko kena infeksi. Bersentuhan, salaman aja itu sebenarnya berisiko," ujarnya.

Karena itu, ia memperkirakan tahun ini Abdee akan absen total memetik gitar bersama Slank di panggung. Tak seperti tahun lalu, di mana Abdee masih bisa sesekali ikut tampil.

"Slank tampil di teatrikal puisi Manusia Istana nanti tanpa Mas Abdee. Masih tanpa Mas Abdee. Dia masih butuh recovery," kata Ivan.

Abdee didiagnosis mengalami gagal ginjal pada 2015 lalu. Kondisi ini mengharuskan ia menjalani cuci darah secara rutin, yakni dua atau tiga kali sepekan.

Karena penyakit ginjal itu pula, Abdee memutuskan vakum sementara dari kegiatan manggung Slank untuk fokus pengobatan.

Meski begitu, di beberapa kesempatan pria berambut gondrong itu pernah menyempatkan ikut tampil dengan Slank.

Pada Selasa (17/1/2017), Abdee membagikan kabar gembira melalui sebuah tweet.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X