Iis Dahlia Melongo Dengar Lagu Tum Hi Ho - Kompas.com

Iis Dahlia Melongo Dengar Lagu Tum Hi Ho

Kompas.com - 27/01/2017, 21:57 WIB
KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS Pedangdut Iis Dahlia turut meramaikan acara Teman Ahok Fair di Gudang Sarinah, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (28/5/2016).


Hum tere bin ab reh nahin sakte
Tere bina kyaa wajood meraa
(Aku tanpamu kini tak dapat hidup
tanpamu apalah artinya keberadaanku)

Tujh se judaa gar ho jaayenge
To khud se hi ho jaayenge judaa
(jika aku terpisah darimu
maka aku juga akan terpisah dari diriku)

Kyonki tum hi ho
Ab tum hi ho
Zindagi, ab tum hi ho
Chain bhi, meraa dard bhi
Meri aashiqui ab tum hi ho
(Karena hanya kamu
sekarang hanya kamu
kehidupanku kini hanya kamu seorang
ketenanganku juga rasa sakitku
cintaku sekarang adalah dirimu seorang)
....

(Lagu Tum Hi Ho ciptaan Mithoon dan dipopulerkan oleh Arijit Singh)

Penyanyi Iis Dahlia nampak sedemikian hanyut saat peserta D'Academia 4 asal Makassar itu menyanyikan lagu Tum Hi Ho. Perasaannya meluap sedemikian rupa, hingga ia tak kuasa menyenderkan kepalanya ke bahu penyanyi Nazar, kawan sesama juri di ajang pencarian bakat indosiar.

Tak berhenti di situ, saat peserta hendak mengakhiri nyanyiannya, Iis memintanya untuk meneruskan hingga selesai. Sambil matanya berkaca-kaca, Iis maju melangkah mendekati peserta bernama Fildan Rahayu itu. Kemudian, seperti dalam film-film India, Iis pun memeluk Fildan dari belakang seraya kepalanya dia jatuhkan di punggung sang penyanyi pujaannya.

Peristiwa nyaris serupa berlangsung beberapa hari sesudahnya saat Fildan bernyanyi di tahap berikut. Menjelang Fildan bernyanyi, Iis yang masih menjadi juri maju kembali hendak memeluk lelaki asal Baubau itu. Tapi niatnya tak kesampaian karena dia dihalang-halangi oleh Irfan Hakim dan Ramzi yang bertindak sebagai pembawa acara.

Iis yang gagal memeluk Fildan harus puas melihat pujaannya itu dari kursi dewan juri. Penyanyi asal Indramayu itu pun kembali melelehkan air matanya demi mendengar lengkingan suara Fildan yang merdu. Terlebih, saat Fildan berakrobat dengan suaranya yang tinggi dan jernih. Iis Dahlia sempurna melongo.

Gara-gara adegan demi adegan yang dipertontonkan Iis Dahlia itulah saya jadi penasaran dengan lagu Tum Hi Ho (Kamulah Satu-satunya). Saya penasaran dengan sang pencipta lagunya, dengan penyanyinya, dan hal-hal lain yang menyertai lagu yang memang melodius itu. Youtube pun menjadi ladang pencarian saya.

Lagu ini merupakan lagu tema dari film Aashiqui 2 yang dibintangi oleh Aditya Roy Kapoor dan Shraddha Kapoor, dan diciptakan oleh Mithoon serta dinyanyikan oleh Arijit Singh. Lagu yang dirilis berbarengan dengan peluncuran film yang diproduksi tahun 2013 itu memang telah mendulang sukses, terutama bagi Mithoon dan Arijit Singh. Bayangkan saja, lagu Tum Hi Ho yang diunggah oleh T-Series selaku produser film pada 4 April 2013 telah ditonton 140.846.144 kali.

Sementara rekaman yang diunggah oleh Novita Handayani pada 24 November 2015 sudah ditonton 10,423,705 kali. Indosiar yang mengunggah video peserta audisi D'Academy 4 asal Makassar Fildan Rahayu juga menangguk jutaan penonton. Video yang diunggah pada 17 Januari 2017 itu sudah ditonton oleh 2.520.396 kali.

Video berjudul "SANG MANTAN nyanyi lagu tum hi ho sampe menangis" juga menangguk penonton. Setidaknya video yang diunggah pada 26 November 2016 ditonton 1.910.874 kali.

Video Arijit Singh menerima penghargaan atas lagu Tum hi ho yang diunggah oleh Piyush Poddar pada 3 Agustus 2014 ditonton sebanyak
5.800.604 kali.

Sementara cuplikan film "Tum Hi Ho Aashiqui 2" yang berlatar lagu Tum Hi Ho yang diunggah oleh T-Series Film pada 20 Mei 2013 ditonton sebanyak 25.349.585 kali.

Memang, penonton video Tum Hi Ho di Youtube tidaklah sedahsyat video-video musik dunia yang telah ditonton miliaran kali seperti PSY - GANGNAM STYLE yag ditonton 2.744.833.385 kali, See You Again ft. Charlie Puth (2.375.595.293), Justin Bieber - Sorry (2.193.127.192), Mark Ronson - Uptown Funk ft. Bruno Mars (2.146.566.135). Meski demikian, kekuatan lagu ini pantas beroleh pujian, dan saya kira menjadi salah satu lagu Asia yang paling digemari tiga tahun belakangan ini.

Penyanyi aslinya, Arijit Singh (lahir 25 April 1987), adalah penyanyi dan progamer musik India yang berasal dari Bengal Barat yang membawakan lagu-lagu berbahasa Bengali dan Hindi. Dia juga menyanyikan lagu-lagu berbahasa Gujarati, Tamil, Telugu, Marathi, Assamese, dan Kannada. Lahir di Jiaganj, Murshidabad, Bengal Barat, memulai karier sejak terlibat dalam acara reality show Fame Gurukul (2005). Setelah memenengai acara reality show lainnya yang nerjudul 10 Ke 10 Le GayeDil, Singh membangun sebuah perusahaan rekaman dan memulai perjalanannya sebagai seorang programer musik. Dan mulailah sebagai programer musik dia membantu Pritam Chakraborty, Shankar-Ehsan-Loy, Vishal-Sekhar dan Mithoon.

Singh mulai sangat dikenal berkat lagu "Tum Hi Ho" dari film Aashiqui 2 (2013) yang mengganjarnya sebagai Best Playback Singer pada Filmfare Award yang ke-59.

Sementara Mithoon Sharma selama ini dikenal sebagai pencipta dan pembuat lirik lagu untuk musik film-film India. Kelahiran 11 Januari 1985 ini adalah putera Nares Sharma yang dikenal sebagai pembuat musik-musik film, dan tak kurang dari 200 musik film India pernah ditanganinya.

Mithoon memang terlahir dari keluarga musik. Kakeknya, Pandit Ram Prasad adalah pakar musik yang telah menebarkan ilmunya kepada banyak musisi di India; pamannya yang bernama Pyarelal-ji adalah salah satu anggpta duo komposer Laxmikant-Pyarelal yang legendaris itu.

Mithoon mulai belajar musik sejak usia 11 tahun. Lantaran kesibukannya, sang ayah mengirim Mithoon kepada musisi-musisi yang bagus dan membiarkan Mithoon belajar sendiri.

Lagu Tum Hi Ho menerima pujian dari para kritikus musik di India. Laman majalah hiburan Glamsham memberikan rating 5 bintang. Sementara Planet Bollywood berkomentar "lagu ini memiliki semua keunggulan dari ciptaan Mithoon; itu soulful, sangat menyentuh dan tentu saja sangat melodius. Penggunaan piano, string dan temponya sangat efektif dalam menciptakan suasana romantis.

Lagu ini dibuka dengan suara berat dan mendalam Arijit Singh. Komposer Mithoon telah menulis lirik untuk lagu balada ini dengan penuh gairah. Awalnya mengalun perlahan, tapi secara bertahap lagu ini kian bertenaga.

Lagu ini menjadi hit dengan sekitar 5 juta viewer di YouTube dalam waktu 10 hari dari rilis, dan tentu saja membantu dalam pemasaran film Aashiqui 2. Berbagai versi dari lagu tersebut juga diunggah oleh penyanyi amatir, gitaris dan DJ di situs jejaring sosial.

Tum Hi Ho sebagai lagu tema, boleh jadi melebihi popularitas filmnya sendiri, AASHIQUI 2. Film ini dibintangi Aditya Roy Kapoor sebagai Rahul Jayekar dan Shrada Kapoor sebagai Aarohi Kashav Shirke. Bercerita tentang kehidupan seorang penyanyi yaitu Rahul Jayekar, yang albumnya selalu sukses di pasaran, namun ia memiliki kelemahan karena tidak dapat terlepas dari minuman beralkohol, baik saat ia konser maupun sedang bersantai. Alkohol adalah teman sejatinya yang selalu ia bawa kemana-pun pergi. Akibat dari ketergantungan Alkohol tersebut, Rahul tidak bisa mengendalikan dirinya untuk menghadapi para penggemar yang tidak terlalu menyukainya.

Gimana kawan? Sudah siap sapu tangan? Sudah ada pohon atau tiang untuk pegangan? Sudah ada guling untuk dipeluk? Yuk kita nikmati Tum Hi Ho sampai rampung. 


Tum Hi Ho

Hum tere bin ab reh nahin sakte
Tere bina kyaa wajood meraa (2x)

Aku tanpami kini tak dapat hidup
tanpamu apalah artinya keberadaanku

Tujh se judaa gar ho jaayenge
To khud se hi ho jaayenge judaa

jika aku terpisah darimu
maka aku juga akan terpisah dari diriku

Kyonki tum hi ho
Ab tum hi ho
Zindagi, ab tum hi ho
Chain bhi, meraa dard bhi
Meri aashiqui ab tum hi ho

Karena hanya kamu
sekarang hanya kamu
kehidupanku kini hanya kamu seorang
ketenanganku juga rasa sakitku
cintaku sekarang adalah dirimu seorang

Teraa meraa rishtaa hai kaisaa
Ik pal door gawaaraa nahi
Tere liye har roz hain jeete
Tujh ko diyaa meraa waqt sabhi
Koi lamhaa meraa naa ho tere binaa
Har saans pe naam teraa

Bagaimana hubungan kita ini
aku tidak bisa jauh darimu walaupun untuk sesaat
untukmu setiap hari aku bertahan hidup
semua waktuku hanya untukmu
Tiada sedikitpun waktuku tanpa kehadiranmu
namamu ada di setiap hembusan nafasku

Kyonki tum hi ho
Ab tum hi ho
Zindagi, ab tum hi ho
Chain bhi, meraa dard bhi
Meri aashiqui ab tum hi ho

Karena hanya kamu
sekarang hanya kamu
kehidupanku kini hanya kamu seorang
ketenanganku juga rasa sakitku
cintaku sekarang adalah dirimu seorang

Tum Hi ho….Tum hi ho……
dirimu… dirimu….

Tere liye hi jiyaa main
Khud ko jo yoon de diya hai
Teri wafaa ne mujh ko sambhaalaa
Saare ghamon ko dil se nikaala
Tere saath mera hai naseeb juDaa
Tujhe paa ke adhoora naa raha

Hidupku hanya untukmu
aku telah memberikan hidupku untukmu
kesetiaanmulah yang telah menjagaku
menghapus seluruh duka dari dalam hatiku
bersamamu nasibku terjalin
setelah mendapatkanmu hidupku sempurna

Kyonki tum hi ho
Ab tum hi ho
Zindagi, ab tum hi ho
Chain bhi, meraa dard bhi
Meri aashiqui ab tum hi ho

Karena hanya kamu
sekarang hanya kamu
kehidupanku kini hanya kamu seorang
ketenanganku juga rasa sakitku
cintaku sekarang adalah dirimu seorang

@JodhiY


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorJodhi Yudono

Komentar
Close Ads X