Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Kebijakan Anti-imigran, Sutradara Iran Pastikan Tak Hadiri Oscar

Kompas.com - 30/01/2017, 09:32 WIB

KOMPAS.com — Sutradara pemenang Piala Oscar, Asghar Farhadi, menegaskan, ia tidak akan menghadiri perhelatan Academy Awards pada 26 Februari mendatang.

Sebelumnya diberitakan, pria asal Iran itu merupakan sutradara film The Salesman atau Forushande, salah satu nomine film berbahasa asing terbaik Academy Awards 2017.

[Baca: Nomine asal Iran Gagal Hadiri Oscar karena Kebijakan Donald Trump]

Ia terancam tidak bisa masuk AS karena Presiden Donald Trump memberlakukan larangan pemberian visa bagi warga dari tujuh negara, termasuk Iran.

"Dengan menyesal, saya mengatakan bahwa saya memutuskan untuk tidak menghadiri Academy Awards bersama rekan-rekan saya dari komunitas sinema," kata Farhadi dalam pernyataan tertulisnya, Minggu (29/1/2017).

Ia mengatakan, sebelumnya ia berencana menghadiri acara tersebut. Namun, ia memutuskan untuk tidak akan hadir seandainya Pemerintah AS memberinya pengecualian.

Ia mengatakan, mempermalukan sebuah negara dengan alasan melindungi keamanan negara lain bukan fenomena baru dalam sejarah.

Menurut dia, hal itu selalu menjadi landasan terciptanya perpecahan dan permusuhan pada masa mendatang.

"Karena itu, saya mengecam ketidakadilan yang ditujukan terhadap saudara sebangsa saya dan warga dari enam negara lainnya, yang berusaha masuk secara resmi ke Amerika Serikat," lanjut Farhadi.

"Saya berharap, situasi yang terjadi sekarang tidak menyebabkan permusuhan di antara bangsa-bangsa," Farhadi mengakhiri pernyataannya.

Awalnya, kata Farhadi, ia ingin hadir dalam perhelatan Oscar karena pada ajang itu ia bisa menyuarakan pendapatnya tentang perlakukan tidak adil terhadap para imigran dan warga dari beberapa negara yang ingin masuk AS.

Pada tahun 2012, Farhadi merebut Piala Oscar untuk film berbahasa asing terbaik melalui film A Separation.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Variety
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com