Sesudah Kira-kira 11 Tahun, Permintaan Ayah Ruben Onsu Baru Terwujud

Kompas.com - 01/02/2017, 17:42 WIB
Pemakaman jenazah ayah Ruben Onsu, Johannes Abraham Onsu, di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, pada Rabu (1/2/2017). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGPemakaman jenazah ayah Ruben Onsu, Johannes Abraham Onsu, di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, pada Rabu (1/2/2017).
|
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pembawa acara dan artis komedi Ruben Onsu (33) mengungkapkan bahwa ayahnya, mendiang Johannes Abraham Onsu, pernah mengucapkan sebuah permintaan kira-kira 11 tahun lalu.

"Dulu sempet ngomong sama Papa setelah Mama meninggal, itu sekitar 11 tahun lalu," ucap Ruben usai memakamkan jenazah ayahnya di TPU Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (1/2/2017). 

"Dulu bilang ke Papa, 'Kalau Ruben pergi duluan, mau (dimakamkan) di dekat (kubur) Mama ya.' Terus, Papa bilang, 'Papa duluan ya. Ya iya lah, gue udah kangen banget sama Mama lo'," ceritanya.

Tahun demi tahun berlalu, Ruben akhirnya mewujudkan permintaan ayahnya itu dengan memakamkan jenazahnya satu liang kubur dengan jenazah ibunya.

"Papa udah tidur dengan Mama di sini. Papa pergi pas di tanggal Mama pergi, tanggal 29. Itu sebuah cinta orangtua saya. Sewaktu Mama pergi, Papa tidak menikah lagi sampai sekarang," ujar suami dari penyanyi Sarwendah Tan atau Wenda ini.

Ayah satu anak ini menambahkan bahwa dengan permintaan tersebut dipenuhi, tak ada lagi keinginan ayahnya yang belum terwujud.

"Kalau keinginan Papa udah enggak ada, semua udah diwujudkan. Papa ingin punya rumah baru dan mobil, rumah ada kolam renang, pengin jalan-jalan, sudah diwujudkan," tuturnya.

Ayah Ruben mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Perta Medika, Sentul, Jawa Barat, pada Minggu (29/1/2017) pukul 21.10 WIB. Ia dirawat di rumah sakit itu selama seminggu lebih karena komplikasi penyakit-penyakit ginjal, tipus, dan jantung.

Baca juga: Hujan Deras Iringi Pemakaman Ayah Ruben Onsu

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.