Gagal Mencoblos, Julia Perez Menangis

Kompas.com - 15/02/2017, 15:03 WIB
Julia Perez didampingi Yuni Shara saat memberikan keterangan pers di RSCM, Jakarta, Rabu (15/2/2017). Julia Perez alias Jupe, gagal menggunakan hak suaranya di TPS 15 karena tidak memiliki surat pindah memilih atau formulir A5 karena belum terdaftar sebelumnya di kelurahan TPS 15. KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZESJulia Perez didampingi Yuni Shara saat memberikan keterangan pers di RSCM, Jakarta, Rabu (15/2/2017). Julia Perez alias Jupe, gagal menggunakan hak suaranya di TPS 15 karena tidak memiliki surat pindah memilih atau formulir A5 karena belum terdaftar sebelumnya di kelurahan TPS 15.
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Air mata pembawa acara dan penyanyi dangdut, Julia Perez alias Jupe, tumpah saat sedang menjelaskan penyebab ia gagal menggunakan hak suaranya dalam Pilkada DKI hari ini, Rabu (15/2/2017).

Untuk diketahui, karena sedang dirawat ia terpaksa harus mencoblos di TPS 15 yang bertempat di lobi gedung A, RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

Jupe yang duduk di kursi roda dengan infus di tangan kanannya, terdiam dulu beberapa saat sambil menundukkan kepala, kemudian melanjutkan omongannya.

"Sedihnya tuh pas tadi saya telepon, ada yang bilang 'kenapa enggak urus dari kemarin-kemarin minta A5?'. Hah? Saya sakit, baru masuk. Mana saya tahu saya bakal masuk rumah sakit, ini kan dadakan," ujarnya di sela isakan tangisnya.

Sebagai informasi, Jupe harus menggunakan surat pindah memilih atau formulir A5 karena belum terdaftar sebelumnya di kelurahan TPS 15.

Berdasarkan aturan, A5 wajib diurus tiga hari sebelum Pilkada. Namun Jupe mengaku tak paham bahwa ia sebaga pemilih yang tak mencoblos di TPS domisilinya, harus mengurus surat A5.

"Saya baru tahu pakai surat A5, saya kan enggak tahu. Coba kalian berikan juga short education kepada warga yang sakit di rumah sakit. Nanti dibutuhkan surat pengantar, kan jadi kami paham. Kami tidak dapat pemahaman itu. Jadi saya kesel gitu," ujarnya.

"Saya kesel ketika saya dibilangin 'kenapa enggak diurus dari lama?'. Mana saya tahu saya bakal masuk rumah sakit lagi," kata Jupe dengan air mata yang terus berlinang.

Jupe sebenarnya sudah pulang pada Sabtu lalu usai dirawat 15 hari. Ia sudah senang bisa ikut menggunakan hak suaranya. Tetapi ternyata, keesokan harinya Jupe harus mendapat perawatan lagi.

"Ini semua dadakan. Saya harusnya diberikan pemberitahuan. Ada yang dateng kek, berikan kemudahan. Saya dibuat pusing dari jam tujuh pagi, saya pusing karena surat ini itu," kata Jupe.

"Kondisinya tidak memungkinkan urus itu sendiri. Saya salut dia pengin lakukan dengan maksimal. Dia mau menggunakan hak suara dengan gigih mempertahankan sampai dai detik terakhir, saya lihat sendiri tadi. Dia sampai sedih, kok enggak bisa, kan yang penting KTP kan," timpal penyanyi Yuni Shara yang kebetulan datang menjenguknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.