Giring "Nidji" Ajari Anak soal Demokrasi dan Partisipasi Politik

Kompas.com - 15/02/2017, 15:28 WIB
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Vokali band Nidji, Giring Ganesha, tak menyia-nyiakan hak pilihnya sebagai dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 yang berlangsung hari ini, Rabu (15/2/2017).

Dalam momen istimewa tersebut, Giring dan istrinya, Cynthia Riza, mengajak tiga anak mereka ke TPS 64 di Jalan Deplu VI, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Anak-anak mereka melihat langsung tata cara menggunakan hak pilih. Dari menandatangani daftar hadir, memastikan surat suara dalam kondisi baik, mencoblos, memasukkan surat suara ke kotak yang tersedia, hingga mencelupkan jari ke dalam tinta.

"Saya ajarkan demokrasi. Tapi, yang paling penting, saya ajarkan bagaimana mereka bisa mencintai bangsa dan negara ini dengan berpartisipasi politik. Bukan berarti harus terjun ke badan legislatif atau birokrasi, tapi berpartisipasi cuma mencoblos gitu aja udah berpartisipasi," tuturnya ketika ditemui usai mencoblos.

Melalui cara tersebut, Giring berharap anak-anaknya ketika cukup usia nanti akan mengingat dan dengan senang hati berpartisipasi dalam "pesta" demokrasi yang berlangsung.

"Dari kecil, kalau mereka udah ikut, pasti sampai besar nanti akan terngiang-ngiang bahwa ini adalah saat mereka merayakan. Banyak yang anggap ini adalah peperangan, tapi buat saya ini adalah pesta demokrasi," ucap Giring. (Tribunnews.com/Regina Kunthi Rosary)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.