Filmnya Dinilai Kurang Sukses secara Komersial, Garin Nugroho Santai

Kompas.com - 16/02/2017, 17:32 WIB
Garin Nugroho diabadikan usai konferensi pers film KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGGarin Nugroho diabadikan usai konferensi pers film
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com — Sutradara Garin Nugroho menanggapi santai penilaian sebagian orang yang menilai film-film garapannya bagus, tetapi kurang sukses secara komersial.

"Film saya pasarnya udah khusus, jadi saya udah santai kok. Saya udah tahu pasar saya," ujarnya dalam wawancara di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (13/2/2017).

Ia memberi contoh film bisu hitam putih berjudul Setan Jawa yang sudah dipesan untuk diputar saat Opening Night of Asia Pacific Triennial of Performing Arts di Melbourne, Australia. Begitu juga dengan film Opera Jawa yang ia bikin bersama Austria untuk memperingati ulang tahun ke-250 komposer Wolfgang Amadeus Mozart.

"Terus misalnya film Moon Cake Story di cabang-cabang bisnisnya Mayapada itu. Film Mata Tertutup, diputar di 100 sekolah selesai," kata Garin.

Ia menegaskan, takaran sukses film-filmnya berbeda dari film yang dibuat khusus untuk komersial. Namun, ia tak menampik ada filmnya yang gagal di pasaran, salah satunya Aach Aku Jatuh Cinta, yang hanya bertahan sepekan di layar bioskop.

"Malah yang yang gagal itu cuma satu atau dua film kok. Bayangkan dengan para sutradara yang komersial yang lain, yang hanya pada penonton umum, banyak yang lebih gagal daripada saya," ucap Garin sambil tersenyum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.