Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 13 Fakta Menarik tentang Oscar

Kompas.com - 26/02/2017, 14:04 WIB

KOMPAS.com — Malam penghargaan bagi insan film, Academy Awards ke-89, akan digelar di Dolby Theater, Hollywood, California, pada Minggu (26/2/2017) malam atau Senin (27/2/2017) pagi waktu Indonesia.

Para nomine berdebar-debar menanti nama mereka disebut sebagai pemenang dan membawa pulang Piala Oscar.

Banyak fakta menarik dari penghargaan yang ditunggu para insan film dunia ini. Ini beberapa di antaranya:

- Sebanyak 3.048 Piala Oscar dibagikan sejak Academy Awards digelar pada 1929.

- Bobot Piala Oscar adalah 3,8 kilogram.

- Piala Oscar dibuat dari tembaga dan dilapisi emas 24 karat.

- Pemenang pertama: Emil Jennings yang dinobatkan sebagai Best Actor untuk film The Last Command dan The Way of All Flesh pada tahun 1029.

- Pemenang termuda: Tatum O'Neal berusia 10 tahun ketika ia memenangi Best Supporting Actress untuk film Paper Moon pada tahun 1973.

- Pemenang tertua: Christopher Plummer berusia 82 tahun saat merebut Piala Oscar untuk Best Actor in a Supporting Role untuk film Beginners pada tahun 2012.

- Film paling berprestasi: Film Ben-Hur (1959), Titanic (1997), The Lord of the Rings: The Return of the King (2003), masing-masing merebut 11 Piala Oscar.

- Pemenang terbanyak: Walt Disney mengumpulkan 22 Piala Oscar.

- Aktor dengan Piala Oscar terbanyak: Daniel Day-Lewis, Jack Nicholson, dan Walter Brennan. Masing-masing mendapat tiga Piala Oscar.

- Keluarga paling sukses di Academy Awards: Liza Minnelli adalah satu-satunya pemenang Oscar yang ibunya (Judy Garland) dan ayahnya (Vincente Minnelli) juga memenangi Oscar.

- Sekuel paling sukses: Hanya dua film sekuel yang berhasil merebut gelar Best Picture, yakni The Godfather Part II (1974) dan The Lord of the Rings: The Return of the King (2003).

- Cate Blanchett adalah aktris pertama yang memenangi Oscar berkat aktingnya memerankan aktris pemenang Oscar, Katharine Hepurn, dalam film The Aviator (2004).

- Nomine paling tak beruntung: Kevin O'Connell dinominasikan sebanyak 21 kali untuk Best Sound Mixing. Namun, ia tidak pernah sekali pun menang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com