Kata Alika, Ini Cara Menikmati Musik Orisinal dengan Cara Legal

Kompas.com - 09/03/2017, 16:01 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Karis Alika Islamadina atau Alika, menilai pembajakan di Indonesia sudah 'mendarah daging'. Pasalnya, kata dia, pembajakan musik kini dilakukan tidak hanya lewat medium CD, melainkan juga dari situs-situs unduh lagu yang ilegal.

"Ya pembajakan itu menurut saya sudah sangat sulit dibasmi. Yang kita harus lakukan saat ini adalah mencari cara agar lagu-lagu kita dapat diakses secara mudah tanpa harus memakai CD ataupun situs downoald yang ilegal," ucapnya usai tampil dalam acara Motion Radio 97.5 FM-Live Streaming Hari Musik Nasional di Food Society Kota Kasablanka, Kamis (9/3/2017).

Alika mengatakan, cara mudah mendengar lagu tanpa downoald ataupun beli CD ilegal adalah dengan cara mengunduh aplikasi musik legal.

"Sekarang udah mudah kok untuk downoald yang mudah dan legal dengan adanya Spotify, Joox. Jadi teman-teman dapat mendengarkan musik kami," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama Alika juga mengatakan bahwa Hari Musik Nasional menjadi hari yang ditunggu-tunggu para musisi.

"Ya inilah harinya kami, harinya para musisi. Terlebih lagi di Indonesia banyak sekali yang menyelenggarakan peringatan Hari Musik Nasional ini," ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa dunia musik Indonesia semakin beragam.

"Aku sih melihatnya sekarang semakin beragam udah banyak jenis jenis musik yang di-explore di indonesia dan banyak kolaborasi-kolaborasi unik yang dibuat para musisi," tuturnya. (Cynthia Lova)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.