Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Alika, Ini Cara Menikmati Musik Orisinal dengan Cara Legal

Kompas.com - 09/03/2017, 16:01 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Karis Alika Islamadina atau Alika, menilai pembajakan di Indonesia sudah 'mendarah daging'. Pasalnya, kata dia, pembajakan musik kini dilakukan tidak hanya lewat medium CD, melainkan juga dari situs-situs unduh lagu yang ilegal.

"Ya pembajakan itu menurut saya sudah sangat sulit dibasmi. Yang kita harus lakukan saat ini adalah mencari cara agar lagu-lagu kita dapat diakses secara mudah tanpa harus memakai CD ataupun situs downoald yang ilegal," ucapnya usai tampil dalam acara Motion Radio 97.5 FM-Live Streaming Hari Musik Nasional di Food Society Kota Kasablanka, Kamis (9/3/2017).

Alika mengatakan, cara mudah mendengar lagu tanpa downoald ataupun beli CD ilegal adalah dengan cara mengunduh aplikasi musik legal.

"Sekarang udah mudah kok untuk downoald yang mudah dan legal dengan adanya Spotify, Joox. Jadi teman-teman dapat mendengarkan musik kami," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama Alika juga mengatakan bahwa Hari Musik Nasional menjadi hari yang ditunggu-tunggu para musisi.

"Ya inilah harinya kami, harinya para musisi. Terlebih lagi di Indonesia banyak sekali yang menyelenggarakan peringatan Hari Musik Nasional ini," ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa dunia musik Indonesia semakin beragam.

"Aku sih melihatnya sekarang semakin beragam udah banyak jenis jenis musik yang di-explore di indonesia dan banyak kolaborasi-kolaborasi unik yang dibuat para musisi," tuturnya. (Cynthia Lova)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com