Untuk Film "Danur", Risa Saraswati "Bersepakat" dengan Lima Hantu

Kompas.com - 28/03/2017, 15:45 WIB
Risa Saraswati beserta Prilly Latuconsina dan para pemeran lain film Danur diabadikan pada acara rilis film Danur di Metropole XXI, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (27/3/2017). KOMPAS.com/IRA GITARisa Saraswati beserta Prilly Latuconsina dan para pemeran lain film Danur diabadikan pada acara rilis film Danur di Metropole XXI, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (27/3/2017).
|
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penulis buku, penyanyi, dan pencipta lagu Risa Saraswati (28) mengatakan bahwa alur cerita film Danur dibuat berdasarkan "kesepakatannya" dengan lima hantu yang diakui oleh Risa bersahabat dengannya dalam kehidupan nyatanya.

Sebagaimana novel Danur karya Risa, film Danur berkisah tentang Risa dan persahabatannya dengan lima hantu kanak-kanak Belanda, yakni Peter, William, Jansen, Hans, dan Hendrick.

Namun, lanjut Risa, ada perbedaan antara cerita filmnya dengan kisah novelnya, karena cerita filmnya dibuat berdasarkan "kesepakatan" Risa dengan Peter dan kawan-kawan.

"Mungkin pembaca Danur tahu mengapa film ini berbeda dengan buku. Ini permintaan dari 'anak-anak' (para hantu) itu," tutur Risa dalam jumpa pers pada acara rilis film Danur di Metropole XXI, Cikini, Jakarta Pusat, pada Senin (27/3/2017).

"Pertama, mereka enggak mau lihat Nippon (tentara Jepang). Kedua, mereka enggak mau ada darah. Ketiga, mereka ingin terlihat seperti pahlawan," tutur Risa lagi.

Contohnya, kisah Peter dan kawan-kawan meninggal disampaikan dengan narasi dan tanpa adegan.

Cerita dimulai ketika Risa kanak-kanak, pada ulang tahun kedelapan, sambil memejamkan mata memohon diberi teman karena merasa kesepian. Risa tinggal bersama ibu dan neneknya di Bandung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah membuka mata, Risa melihat Peter, William, dan Jansen sedang bermain petak umpet di kamarnya. Risa yang sebelumnya kerap terlihat murung, tiba-tiba menjadi periang,

Dalam penglihatan dan pendengaran orang-orang biasa, Risa kedapatan sering bicara dan tertawa sendiri.

Bahkan, Risa sempat digiring oleh Peter, William, dan Jansen untuk menjatuhkan diri dari tempat tinggi agar bisa terus bersama mereka. Namun, usaha mereka gagal, karena Risa diselamatkan oleh ibunya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.