Tiga Syarat "Assessment" Ridho Rhoma Disetujui Penyidik

Kompas.com - 28/03/2017, 17:21 WIB
Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Suhermanto diabadikan di Polres Metro Jakarta Barat, Selasa (28/3/2017). KOMPAS.com/SINTIA ASTARINAKasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Suhermanto diabadikan di Polres Metro Jakarta Barat, Selasa (28/3/2017).
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuasa hukum penyanyi dangdut Ridho Rhoma, Krisna Murti, mengajukan permohonan tes assessment rehabilitasi narkoba untuk kliennya, Senin (27/3/2017).

Menanggapi hal tersebut, Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Suhermanto pun angkat bicara.

"Assessment bisa diberitakan atau disetujui penyidik dengan catatan, pertama, tersangka memang pengguna," ujar Hermanto saat dijumpai di Polres Metro Jakarta Barat, Selasa (28/3/2017).

[Baca: Kuasa Hukum Berencana Ajukan Rehabilitasi untuk Ridho Rhoma]

"Kedua, pasal yang diterapkan adalah pasal 27. Ketiga, barang bukti yang didapat menenuhi surat edaran Mahkamah Agung nomor 4 tahun 2010," lanjutnya.

Ia juga menambahkan, Ridho juga bisa mendapat assessment rehabilitasi apabila penggunaan narkoba jenis sabu di bawah 1 gram.

"Proses assessment terdiri dari pemeriksaan kesehatan secara medis, psikologi, dan wawancara," tambah Suhermanto.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Proses assessment tersebut akan dilakukan oleh Tim Assessment Terpadu yang mana anggotanya berasal dari BNN. Apakah Ridho akan direhabilitasi atau tidak, semua tergantung dari hasil assessment yang nantinya akan disahkan melalui putusan hakim di persidangan.

Sebelumnya diberitakan, Ridho Rhoma ditangkap di sebuah hotel di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat, pada Sabtu (25/3/2017) dini hari.

[Baca: Ridho Rhoma Tersangkut Kasus Narkoba]

Di mobilnya ditemukan sebuah kantung kertas berisi sabu seberat 0,7 gram. Kantung kertas itu disimpan di jok depan kiri mobilnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.