Glenn Fredly Ingin jadi "Provokator" Perdamaian

Kompas.com - 14/04/2017, 15:51 WIB
|
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Dengan membuat album bertema perdamaian, Hidayah Carita Orang Bersaudara (HCOB), yang singel pertamanya akan dirilis menjelang bulan puasa, Glenn Fredly (41) ingin dirinya bisa menjadi "provokator" perdamaian melalui musik.

"Jadi, apa pun yang saya lakukan, seperti album ini, saya mau jadi 'provokator' damai. Kita enggak harus ngomong agama, ras, atau suku. Untuk perantau yang tinggal di Jakarta, menurut saya, (album) ini jadi harta karun," ucap pria Maluku yang lahir di Jakarta ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh vokalis, pemcipta lagu, dan produser musik ini dalam wawancara ketika ia hadir pada sebuah kegiatan di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (13/3/2017).

Hidayah Carita Orang Bersaudara (HCOB), yang bertema perdamaian, merupakan album kerja sama Glenn dengan sejumlah pemusik Maluku.

"Album Hidayah ini sendiri punya makna spritual, nasionalisme juga, nilai perdamaian juga ada," tutur Glenn.

"Religi itu enggak selalu pada konteks yang kita hafal, tapi bagaimana kita bisa bermanfaat buat orang lain. Ini bisa dibilang album yang spiritual," jelasnya.

Menurut personel Trio Lestari ini, apa yang terjadi di kampung halamannya, Maluku,  merupakan contoh nyata dari pesan yang akan ia sampaikan melalui musik itu.

"Buat saya, Maluku saat ini menjadi contoh yang kongkrit, apa sih perdamaian itu, apa sih rekonsiliasi konflik berkepanjangan yang mengakibatkan perpecahan dan pada akhirnya masyarakat pula yg membangun perdamaian itu sendiri," ucapnya.

"Lihat Jakarta, saat ini saya sedih banget, dari tukang becak sampai orang politik semua ngomong intoleransi," ucapnya lagi.

Baca juga: Glenn Fredly Suarakan Perdamaian lewat Musik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.