Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dian Sastro: Sekarang Kita Semua Punya Kebebasan Bersekolah

Kompas.com - 21/04/2017, 07:00 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi artis peran Dian Sastro, peringatan Hari Kartini adalah momentum untuk mengingat kembali terobosan yang dilakukan oleh RA Kartini dalam menyetarakan derajat perempuan dengan kaum laki-laki.

"Makna Hari Kartini buat aku adalah di mana dalam satu hari itu kita diajak untuk memperingati banyaknya dobrakan-dobrakan yang sudah dibuat dan dipelopori oleh Ibu Kartini," ungkap tokoh utama dalam film Kartini ini saat ditemui pada acara "Panggung Para Prempuan Kartini", di Museum Bank Indonesia, Jakarta Barat, Selasa (11/4/2017).

"Misalnya pemisahan kasta hierarkis antara kaum ningrat dan rakyat biasa, sekarang kan kita enggak ngalamin lagi, begitu juga dengan kesetaraan gender, semua manusia baik laki-laki maupun perempuan merasakan pendidikan formal di sekolah," lanjutnya.

Ketika kebebasan menempuh pendidikan sudah terbuka lebar, Dian berpesan agar para wanita Indonesia tidak menyia-nyiakan kesempatan itu.

[Baca juga: "Surat-surat Kartini" Dibacakan Para Perempuan dari Berbagai Profesi]

"Sekarang kita semua sudah punya kebebasan bersekolah semestinya tidak menyianyiakan kesempatan itu," tutur wanita yang telah menyelesaikan pendidikan S2 di Universitas Indonesia itu.

Pemeran Cinta dalan film Ada Apa Dengan Cinta itu juga mengakui bahwa Kartini banyak mengkritik paham Jawa yang sangat kental dengan sistem patriarki.

"Memang banyak sekali dari pakem Jawa itu yang dikritik oleh Kartini, karena dia melihatnya agak kotraproduktif berkenaan dengan kehidupan masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Dia ngelihatnya itu sama sekali enggak terlalu penting," ujar Dian.

Dalam acara "Panggung Para Perempuan Kartini", Dian juga membacakan monolog dari cuplikan film Kartini.

[Baca juga: Dian Sastro Bacakan Monolog Cuplikan Film "Kartini"]

"Bacanya dengan baik. Tadi bukan puisi, itu potongan monolog yang ditulis Laila Chudori yang diambil dari buku dan skrip film Kartini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com