Polisi: Iwa K Sudah Dua Bulan Konsumsi Ganja

Kompas.com - 29/04/2017, 17:01 WIB
Rilis kasus narkoba Iwa K di Mapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (29/4/2017). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGRilis kasus narkoba Iwa K di Mapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (29/4/2017).
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasat Narkoba Polresta Bandara Soekarno-Hatta, Kompol Martua Raja Silitonga,  mengatakan penyanyi rap Iwa K mengaku mengonsumsi narkoba jenis ganja selama dua bulan terakhir.

Sebagai informasi, Iwa K ditangkap karena diduga membawa ganja dalam tiga linting rokok di Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, Sabtu (29/4/2017) sekitar pukul 05.00 WIB.

Ketika itu, Iwa dan seorang rekannya akan bertolak ke Makassar untuk tampil dalam sebuah acara musik.

"Konsumsinya baru dua bulan terakhir," kata Martua dalam keterangan pers di  Polresta Bandara, Tangerang, Banten, Sabtu (29/4/2017).

[Baca juga: Hasil Tes Urine, Iwa K Positif Konsumsi Ganja]

Namun untuk barang bukti tiga batang rokok yang diduga mengandung ganja tersebut, Iwa memperolehnya dari seorang rekannya yang berinisial Y.

"Kami lakukan pengembangan, barang itu diberikan hari Kamis (27/4/2017) pukul 10.30 WIB pagi oleh seseorang berinisial Y. Kemudian diberikan pada saat yang bersangkutan ada kegiatan," kata Martua.

Dalam berita acara pemeriksaan (BAP) awal, Iwa mengaku mengonsumsi ganja hanya untuk kepentingan pribadi dan tak ada niat menjualnya lagi.

[Baca juga: Iwa K Ditangkap, Ini Kata Istrinya]

"Y dia kenal sudah lama, tapi Y menawarkan kepada IK baru sekali itu, Y menyerahkan kepada IK hanya sekali ini," ujar Martua.

Ia menambahkan kasus tersebut masih dalam pengembangan dan Y masih diburu. Karena itu kepolisian belum bisa memberi keterangan lebih lanjut.

[Baca juga: Diduga Miliki Ganja, Iwa K Ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta]

"Yang jelas, dia dapat itu ditawarkan oleh Y, bukan IK yang sengaja memasukkan barang itu ke dalam rokok," tambahnya.

Saat ini, tiga linting rokok tersebut sedang dalam pemeriksaan di Pusat Laboratorium Forensi (Puslabfor) Bareskrim Polri untuk dipastikan apakah benar kandungannya ganja atau tidak.

Sementara, Iwa K masih dalam tahap pemeriksaan di Polres Bandara Soetta.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X