IGtainment yang Makin Menjamur

Kompas.com - 03/05/2017, 22:52 WIB
Laman akun Instagram @lambe_turah INSTAGRAMLaman akun Instagram @lambe_turah
|
EditorIrfan Maullana
JAKARTA, KOMPAS.com - Instagram menjadi salah satu pilihan untuk memperoleh informasi. Selain mudah diakses, media sosial ini juga tengah digemari lantaran fiturnya yang dinamis.
 
Kini, kegunaan Instagram pun semakin beragam. Selain untuk media komunikasi dan pamer foto, kini Instagram berkembang sebagai media untuk menyebarkan berita, salah satunya berita dari dunia hiburan.
 
Belakangan, akun Instagram yang menyajikan informasi seputar selebritas pun menjamur. Lambe Turah menjadi akun yang paling sering dibahas para netizen karena beritanya yang update dan penggunaan bahasa yang lucu.
 
Kompas.com pun berkesempatan untuk berbincang dengan salah satu admin Lambe Turah yang akrab disapa Minceu.
 
Dengan ramah, Minceu menjawab semua pertanyaan yang dikirimkan melalui Direct Message Instagram.
 
"Dulu ada akun gosip pertama kali. Namanya Lambe Lamis, bionya Lambe Turah. Tapi karena menyinggung seseorang terus ke-deaktif akun-akun baru yang ujung-ujungnya berubah jadi olshop (online shop) setelah banyak follower akunnya dijual," kata Minceu saat menceritakan awal mula pembuatan akun gosip ini.
 
Menurut Minceu, dibuatnya akun ini berangkat dari banyaknya akun haters para selebritas, lantas lahirlah Lambe Turah.
 
"Banyak akun haters palsu. Bisa dicek fenomena haters semakin merajalela di mana-mana. Kebanyakan artis yang penuh sensasi tapi no prestasi. Tapi banyak juga akun haters palsu yang berubah jadi on line shop setelah punya banyak followers," ucapnya.
 
"Dan sebagian ertong (artis) justru menggunakan akun haters-nya untuk menaikkan popularitas mereka. Malah menikmati. Bahkan, banyak yang berharap dibikinkan akun haters sendiri. Sejauh ini akun haters yang paling fenomenal memang hanya MJQ, RRK dan B yang mempunyai wadah buat haters mereka. Jadi mendingan kita enggak usah jadi haters tapi bisa mencari tahu kebenaran dan fakta di balik kehidupan artis," imbuhnya.
 
Tak hanya untuk menyebar gosip para artis, Minceu mengungkap bahwa dibuatnya akun ini sekaligus untuk membuka mata masyarakat tentang dunia selebritas.
 
"Membuat masyarakat membuka mata bahwa tidak semua infotainment yang di televisi adalah kenyataan. Banyak settingannya," ujarnya.
 
Terlebih untuk para selebritas yang sering menuai sensasi hanya demi menaikkan pamornya.
 
"Dan jujur sebagai masyarakat Indonesia sudah males lihat artis tanpa prestasi yang hanya bisa heboh keluar masuk infotainment dengan kasus enggak jelas. Sedangkan di medsos merupakan cerminan kehidupan sehari-hari mereka, interaksi mereka, komentar mereka," katanya.
 
Sebagai informasi, Lambe Turah mendapatkannya dari beragam sumber. Mulai dari media sosial, forum diskusi, sampai dari informan.
 
"Awalnya hunting sendiri, cari tahu sendiri, googling sendiri, stalking sendiri, keluar masuk forum. Sekarang sudah ada beberpaa informasi dari informan. Mereka ngasih informasi di samping kita juga masih aktif main ke medsos artis juga," ungkapnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.