Addie MS Sampaikan Pesan Persatuan di Balai Kota

Kompas.com - 10/05/2017, 09:49 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA,KOMPAS.com - "Tanah Airku Indonesia/ Negeri elok amat kucinta/ Tanah tumpah darahku yang mulia/ Yang kupuja s'panjang masa."

Lagu nasional "Rayuan Pulau Kelapa" karya Ismail Marzuki itu dinyanyikan oleh ribuan orang yang berkumpul di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (10/5/2017).

Paduan suara itu dipimpin oleh konduktor Addie MS, yang juga menggagas aksi spontan untuk menunjukkan rasa cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tersebut.

Acara itu dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Ia tampak berkaca-kaca ketika paduan suara warga itu menyanyikan lagu "Rayuan Pulau Kelapa".

[Baca juga: Dipimpin Addie MS, Rayuan Pulau Kelapa Berkumandang di Balai Kota]

Paduan suara itu sekaligus sebagai bentuk dukungan kepada Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang ditahan setelah divonis dua tahun dalam perkara penodaan agama.

"Awalnya bentuk keprihatinan saya terhadap kasus Ahok di mana saya mengikuti kiprahnya, saya mengagumi beliau," kata Addie saat ditemui usai memimpin warga bernyanyi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (10/5/2017).

"Minggu lalu saat lihat warga sering ke sini kenapa kita enggak kumpulkan tim paduan suara untuk nyanyi lagu perjuangan," lanjut pemimpin Twilite Orchestra itu.

Addie menambahkan kegiatan itu juga untuk menumbuhkan kembali rasa persatuan Indonesia, yang ia rasa mulai terkoyak.

[Baca juga: Pagi Ini, Addie MS Adakan Paduan Suara Spontanitas di Balai Kota]

"Khusus untuk menghadapi masalah perpecahan, memperhatikan Pancasila, mudah-mudahan melalui lagu kita bisa lebih merasakan persatuan. Indonesia juga punya alam yang indah yang sayang kalau disia-siakan," tutur Adie.

"Melalui Mars Pancasila kita harap bisa merasakan lagi persatuan bangsa ini. Sayang kalau kita biarkan terkoyak-koyak," tambahnya.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.