Kisah di Balik Judul Film "Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak"

Kompas.com - 12/05/2017, 21:10 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara Mouly Surya mengungkapkan bahwa ada cerita menarik di balik pemilihan judul film terbarunya, Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak.

"Judulnya itu saya yang judulin, bukan mas Garin Nugroho. Waktu itu mas Garin judulinnya Perempuan, belum ada nama tokohnya, saya cari-cari," kata Mouly dalam konferensi pers film Marlina di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2017).

Sebagai informasi, sutradara Garin Nugroho merupakan pencetus ide cerita film yang dibintangi oleh aktris Marsha Timothy itu.

Lanjut Mouly, mulanya ia merasa kesulitan menemukan nama yang pas untuk tokoh utama filmnya.

Pasalnya, sutradara film Fiksi ini sama sekali 'buta' pengetahuan tentang Sumba, sedangkan karakter utamanya berasal dari daerah itu.

"Waktu itu mikir 'nama perempuan Sumba siapa ya?'. Saya cari, saya google nama perempuan Sumba," ujarnya.

Hingga akhirnya, ia menemukan inspirasi setelah menonton sebuah video dalam YouTube.

"Di YouTube kebetulan ada video seorang guru SMP atau SD di ruang guru lagi joget disko gitu. Direkam orang dan di-upload ke YouTube, terus dia diprotes. Namanya Marlina," kata Mouly.

Ia belum berpikir menggunakan nama itu untuk tokoh utamanya sampai Mouly menyaksikan guru tersebut berkukuh kalau tak bersalah karena berjoget.

"Dia berpegang teguh saat diwawancara 'loh saya kan enggak melukai murid-murid saya, saya menari pada saat lagi break. Waktu itu saya cukup mendapat impresi yang kuat dari video itu. Ya udah Marlina lucu kayaknya namanya," ucapnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.