Lukisan dari Ibu Bams Eks Samsons untuk Ahok dan Veronica

Kompas.com - 15/05/2017, 20:45 WIB
Bams eks Samsons, Desiree Sitompoel, dan Tamara Geraldine diabadikan di The Westin Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (15/5/2017). Mereka menghadiri pameran lukisan tungga karya Desiree. KOMPAS.com/TRI SUSANTO SETIAWANBams eks Samsons, Desiree Sitompoel, dan Tamara Geraldine diabadikan di The Westin Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (15/5/2017). Mereka menghadiri pameran lukisan tungga karya Desiree.
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelukis Desiree Sitompoel yang merupakan ibunda penyanyi Bams eks Samsons, melukis wajah Gubernur non-aktif DKI Jakarta Basuki Tajahaja Purnama atau Ahok dan istrinya, Veronica Tan.

Lukisan itu dipajang dalam pameran lukisan tunggal hasil karyanya selama satu hari di The Westin Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (15/5/2017).

Desiree mengungkapkan bahwa dirinya adalah penggemar berat Ahok dan Veronica.

"Saya number one fans ibu (Veronica) dan bapak (Ahok). Kenapa saya lukis? Saya mendalami jiwa mereka, pengorbanan mereka, jiwa melayani mereka. Itu rasanya benar-benar mendalam. Itu yang saya tumpahkan (lewat tulisan)," kata dia.

Awalnya, Desiree hanya melukis Veronica saja. Namun, akhirnya ia melukis Ahok setelah melihat kejadian yang menimpa mantan Bupati Belitung Timur itu. Ahok sendiri divonis dua tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara lantaran tersandung kasus penodaan agama.

"Tadinya, saya hanya melukis ibu saja. Saya datang ke ibu, saya serahkan ke ibu, sampai saya bilang kalau ada pameran saya pinjam. Sampai kejadian kemarin (melukis Ahok juga)," kata dia.

"Saya rasanya begitu terpukul, sedih, campur mawur, mual-mual, marah, tapi enggak bisa bikin apa-apa. Itulah yang saya buat, lukisan," ucapnya.

Desiree mengungkapkan, ia butuh waktu 10 hari untuk melukis Veronica. Namun, ia hanya butuh dua hari untuk melukis Ahok.

Kedua lukisan itu akan diserahkan kepada Ahok dan Veronica.

"Kalau ibu saya lukis 10 hari. Kalau bapak Ahok saya lukis cuma dua hari. Mendengar berita itu, saya putuskan untuk lukis," kata dia.

Kecintaan Desiree itupun diakui oleh anaknya, Bams. Ia menilai Ahok adalah sosok yang diidolakan oleh orang banyak, tidak hanya ibunya saja.

"Karena dia mengidolakan figur Ahok. Waktu dia divonis, ibu langsung tergerak untuk lukis Ahok. Saya juga kaget dia melukis Pak Ahok. Saya rasa banyak orang yang mengidolakan mereka ya, karena memang enggak ada lagi figur kayak dia," ujar Bams.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X