Rano Karno dan Si Doel yang Sepaket

Kompas.com - 26/05/2017, 23:38 WIB
EditorIrfan Maullana


KOMPAS.com - Rano Karno adalah Doel, dan Doel juga adalah Rano Karno. Kesimpulan ini diajukan oleh buku "Rano Karno: Si Doel" karangan Rano Karno.

Ya, dari judul autobiografi ini saja sudah menegaskan kesimpulan itu. Tak berlebihan memang. Sebab, popularitas Rano Karno yang dua tahun belakangan menjadi Gubernur Banten ini sejatinya mulai mencuat ketika memerankan tokoh Doel dalam film Si Doel Anak Betawi karya Sjuman Djaya pada 1973.

Sebagai salah satu karakter fiktif dari ranah budaya populer lokal, napas Doel memang tak lekang oleh waktu dan melintasi hidup beberapa generasi.

Soalnya, kisah Doel, yang muncul perdana dalam novel "Si Doel Anak Betawi" karya Aman Datuk Madjoindo terbitan Balai Pustaka pada 1932, sudah berulang kali diadaptasi oleh medium audio visual, mulai dari film "Si Doel Anak Betawi" hingga rentetan sinetronnya yang setia tayang di televisi sejak tahun 1993 hingga 2006. Dan Rano Karno selalu menjadi Doel.

Buku "Rano Karno: Si Doel" berusaha meramu karakter nyata dan fiktif ini guna menekankan perihal kemiripan mereka.

"Kadang kita yang kaya atau yang berkuasa sering semena-mena terhadap yang lemah. Saya mengalami itu dalam kehidupan sehari-hari. Setiap Minggu, saya bersama Tino dan teman-teman lain keliling kampung jualan es lilin dan ager-ager. Di film 'Si Doel Anak Betawi', ada juga adegan Si Doel jualan es lilin." (halaman 109).

Kalimat-kalimat itu bukan saja memperlihatkan proses identifikasi, tetapi juga membuka tabir kehidupan Rano dan keluarganya yang ternyata jauh dari arti kata makmur, meskipun ayah Rano, Soekarno M Noor, adalah aktor terkenal.

Perlu diketahui, sebelum muncul Si Doel Anak Betawi, Soekarno yang juga berakting dalam film tersebut adalah peraih penghargaan Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 1960 sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik dalam film Anakku Sajang dan Pemeran Utama Pria Terbaik pada Pekan Apresiasi Film Nasional 1967 dalam film Di Balik Tjahaja Gemerlapan.

Baca selengkapnya dalam artikel "Rano Karno dan Si Doel yang Sepaket" yang telah dimuat ruang.gramedia.com edisi 12 Mei 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.