Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ustaz Solmed Tak Tahu Alasannya Ditahan di Imigrasi Singapura

Kompas.com - 04/06/2017, 03:15 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ustaz Solmed masih bertanya-tanya alasan ditahan hampir sembilan jam ditahan di Bandar Udara Internasional Changi Singapura pada Sabtu (3/6/2017).

Solmed ditahan ketika akan pulang ke Indonesia bersama seorang ustaz yang merupakan anak dari Ketua Rais Syuriah PWNU DKI Jakarta.

"Yang saya ingin tahu, saudara tahan saya atas dasar apa? Saya ditahan sampai berjam-jam sendiri tuh dasarnya apa? Kalau saya salah, salahnya apa? Kan saya jadi tahu. Nah, jawaban itu enggak pernah saya dapat," kata Solmed.

[Baca juga: Ini yang Dilakukan Ustaz Solmed Sebelum Ditahanan Imigrasi Singapura]

 

Solmed sendiri berada di Singapura untuk keperluan menjenguk ayah dari sahabatnya yang sedang sakit.

Solmed menuturkan bahwa ia digiring ke sebuah ruangan ketika memasuki pemeriksaan imigrasi bandara. Ia dan temannya kemudian ditahan dan dinterogasi di ruang terpisah.

"Di situ, segala barang pribadi seperti paspor hingga gawai miliknya ditahan. Bahkan alamat email, nomor telepon, dan media sosial juga dimintai oleh pihak imigrasi."

Setelah menjalani pemeriksaan, ia lalu diizinkan pulang pada pukul 19.50 waktu Singapura dan tiba di Indonesia pada pukul 20.45 WIB.

Terkait hal itu, Solmed belum akan mengambil langkah apapun atas permasalahan yang telah menimpanya.

[Baca juga: Ustaz Solmed 10 Jam Mendekam di Ruang Tahanan Imigrasi Singapura]

 

"Yang penting saya sudah mencoba bercerita tentang kejadian ini, yang saya alami seperti ini, saya enggak tahu apakah ini bisa menjadi pembelajaran untuk semua. Mengapa mereka melakukan hal seperti itu kepada saya?" kata dia.

"Saya sebut saat itu saya warga negara Indonesia. Kenapa diperlakukan seperti itu? Sepertinya mereka tidak ada rasa sungkan kepada Indonesia. Dan mereka tahu saya ustadz. Mereka tanya, 'Kamu ustaz Solmed ya? Yang suka di TV?', mereka tahu," kata dia.

[Baca juga: Akhirnya, Ustaz Solmed Meminta Maaf]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com