Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya "Fanbase" yang Kuat di Medsos, JKT48 Ingin "Go International"

Kompas.com - 08/06/2017, 17:03 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Grup idola JKT48 yang merupakan sister group dari grup idola asal Jepang AKB48 mengaku ingin melebarkan sayap mereka ke dunia internasional. Apalagi, mereka memiliki banyak penggemar dan basis mereka sangatlah kuat.

Hal ini tak jauh berbeda dengan boyband asal Korea Selatan, BTS, yang baru-baru ini terpilih sebagai Top Social Artist dalam Billboard Music Awards 2017.

BTS bisa menang, karena mereka mendapat ratusan juta vote di Twitter dari para penggemarnya.

JKT48 sendiri pun memiliki media sosial yang terbilang cukup efektif dan mereka menjadikan hal tersebut sebagai salah satu kekuatan mereka.

“JKT48 memiliki kekuatan di sosial media. Dengan jumlah member yang banyak dan masing-masing member memiliki followers ratusan ribu, kami telah berhasil menaikan hashtag menjadi trending topic di Twitter,” ujar JKT48 dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Kamis (8/6/2017).

[Baca juga: Persiapkan Singel ke-17, JKT 48 Bikin Pemilu]

Di sisi lain, para penggemar juga sering me-retweet kicauan-kicauan JKT48 hingga ratusan kali. Bentuk dukungan dari fans rupanya mendorong JKT48 untuk bisa go international.

“Kita sih berharapnya juga bisa sampai go international, makanya kita masih dalam proses ke sana. Doain aja,” ujar Gracia JKT48 dari Tim KIII saat dijumpai di redaksi Kompas.com, Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (8/6/2017).

Selanjutnya, Okta yang turut hadir pun menjelaskan alasan mengapa mereka memiliki basis penggemar yang kuat.

“Mungkin itu dari keunikan member masing-masing sih.  Misal di-tweet apa yang fans suka,  jadi di-retweet banyak. Atau enggak fotonya cantik. Hahaha,” beber Okta.

[Baca juga: JKT 48 Berharap Album Baru Mereka Terjual 2 Juta Kopi]

Di media sosial, para member juga terlihat begitu aktif menyapa para penggemar. Namun sebenarnya, para member tak memiliki keharusan untuk aktif di medsos setiap waktu.

“Sebenarnya kesadaran diri aja sih,” ujar Anin.

“Karena dengan tweet kita itu kita berkomunikasi sama fans kan. Kayak kita misal lagi ngapain, biar fans tahu,” timpal Aurel.

“Atau misalnya kita lagi enggak bisa ketemu sama fans, fans harus ke Jakarta dulu, ke teater biar bisa ketemu sama kita, jadi kita komunikasi lewat media sosial,” pungkas Anin.

[Baca juga: Tim KIII ?JKT48? Akan Gelar Konser ?Jangan Kasih K3ndor?]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com