Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fachri Albar Jawab Keraguan dengan Mengaji Tanpa "Dubbing"

Kompas.com - 16/06/2017, 19:19 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Indonesia terbaru, Bukan Cinta Malaikat, akan segera tayang di bioskop pada 13 Juli 2017. Film yang berlatar di Mekkah, Madinah, Trangganu (Malaysia), dan Bandung ini mengangkat kisah cinta relawan Indonesia yang sedang berada di Timur Tengah.

Bukan Cinta Malaikat merupakan film aktor Fachri Albar pertama yang bertemakan Islamic love story. Banyak yang meragukan kemampuan Fachri dalam beradegan drama, terutama saat memerankan seorang muslim yang alim. Terlebih lagi, ketika adegan Fachri mengaji.

Banyak yang menduga, bahwa suara Fachri saat mengaji merupakan hasil sulih suara atau dubbing.

[Baca: Fachri Albar Bikin Sutradara dari Malaysia Terheran-heran]

Benarkah Fachri bisa mengaji tanpa dubbing? Untuk menjawab pertanyaan ini, pihak Ganesa Perkasa Films mengeluarkan sebuah video di balik layar saat Fachri melakukan adegan mengaji.

Dari video berdurasi 0,55 detik tersebut, yang terjadi sebenarnya begitu mengejutkan. Untuk adegan tersebut, Fachri melakukan beberapa kali pengambilan gambar karena dia melakukan kesalahan-kesalahan.

Namun, koreksi kesalahan, bukan datang dari sutradara. Melainkan, Fachri sendiri yang meminta ulang pengambilan gambar karena ia sadar telah melakukan kesalahan.

"Ya, enggak boleh soalnya. Maaf-maaf, astaghfirullahaladzim," ucap Fachri sambil memegang dahinya di awal video tersebut.

Selanjutnya, sebelum pengambilan gambar, Fachri bertanya lagi untuk menyakinkan agar tidak melakukan kesalahan. Kemudian, ia mencoba khusuk membaca Al Quran.

Setelah merasa yakin, kemudian Fachri baru melakukan pengambilan gambar.

Di akhir video, setelah sutradara mengatakan cut, tanda pengambilan gambar cukup. Ada seorang kru yang nyeletuk dari balik layar,

"Pake hati, sih!"

Hal itu diucapkan kru berangkutan sebagai bentuk pujian kepada Fachri yang begitu khusuk saat membaca Al Quran.

"Awalnya, kami juga meragukan apakah Fachri bisa membaca Al Quran atau tidak. Untuk itu, kami juga sudah menyiapkan plan B, yaitu melakukan dubbing. Namun, yang terjadi di luar dugaan. Fachri benar-benar bisa membaca Al Quran dan bukan hafalan. Untuk itu, kami memutuskan untuk mempertahankan original suara Fachri sebagai apresiasi totalitas dia," ujar Dwi S Lobo, selaku kreatif produser Ganesa Perkasa Films.

Film Bukan Cinta Malaikat bercerita tentang Reyhan (Fachri Albar), seorang relawan Muslim Care asal Bandung yang sedang bertugas di wilayah konflik di Timur Tengah.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com