Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Marga Sama, Song Joong Ki dan Song Hye Kyo Boleh Menikah?

Kompas.com - 07/07/2017, 20:56 WIB
Sintia Astarina

Penulis

Sumber Koreaboo

KOMPAS.com – Artis peran Song Joong Ki (31) dan Song Hye Kyo (35) dikabarkan akan menikah pada 31 Oktober mendatang. Seperti yang diketahui, keduanya memiliki marga yang sama, yakni Song. Apakah keduanya diperbolehkan menikah meski memiliki marga yang sama?

Sebelumnya, pemerintah Korea melarang warganya untuk menikah dengan pasangan yang memiliki kesamaan suku, dengan nama akhir yang sama.

Koreaboo menulis, orang-orang dengan nama Kim dari 282 suku, kebanyakan berasal dari kota Gimhae di Provinsi Gyeongsang, juga Provinsi Gyeongju.

Menurut Pasal 809, orang-orang bermarga Gimhae Kim bisa menikahi Gyeongju Kim, tapi dilarang menikahi salah satu dari 4 juta Gimhae Kim lainnya.

[Baca your: Ternyata Ini Penyebab Song Hye Kyo Jatuh Cinta pada Song Joong Ki]

Mungkin hal tersebut tak terlalu menjadi masalah di masa lampau, tapi di zaman sekarang, banyak orang Korea yang bertemu dan jatuh cinta dengan marga yang sama.

Pada tahun 1997, setelah larangan itu sementara dicabut 3 kali dalam kurun waktu 40 tahun, pengadilan memutuskan hukum inkonstitusional. Hal itu juga terjadi lantaran adanya dugaan 200.000 pasangan dengan marga yang sama menikah.

Namun, baru pada tahun 2005, Pasal 809 akhirnya dicabut dan pasangan dari marga yang sama dapat menikah secara sah selama mereka tidak terkait dengan darah.

Hal ini menyimpulkan bahwa tidak ada masalah apabila dua bintang utama serial drama Descendants of the Sun itu mengesahkan hubungan mereka sebagai pasangan suami dan istri.

[Baca juga: Song Joong Ki: Aku Ingin Menghabiskan Sisa Hidupku dengan Song Hye Kyo]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Koreaboo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com