Gara-gara Kanker Tiroid, Rachel Amanda Tak Bisa Lepas dari Obat

Kompas.com - 22/08/2017, 09:33 WIB
Rachel Amanda saat menghadiri peluncuran FFI 2017 di restoran Sofia at Gunawarman, Jakarta Selatan, Senin (21/8/2017) malam. KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGRachel Amanda saat menghadiri peluncuran FFI 2017 di restoran Sofia at Gunawarman, Jakarta Selatan, Senin (21/8/2017) malam.
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Rachel Amanda mengaku sudah dinyatakan sembuh dari kanker tiroid. Meski begitu, Rachel masih tak bisa lepas dari obat-obatan hingga saat ini.

"Pas tiroidnya udah diambil, tinggal minum obat aja. Sampai sekarang," kata Rachel dalam wawancara di Sofia at Gunawarman, Jakarta Selatan, Senin (21/8/2017) malam.

Dara kelahiran 1 Januari 1995 itu menjelaskan obat yang rutin ia minum itu sebagai pengganti fungsi kelenjar tiroidnya yang sudah diangkat.

Sebagai informasi merujuk pada laman Wikipedia, kelenjar tiroid berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya.

"Jadi gini, karena tiroid itu kelenjar yang cukup penting, jadi harus digantikan dengan obat. Tapi obatnya kecil, diminum tiap hari udah enggak ada masalah. Kalau pun obat itu lewat sehari dua hari, rasanya paling ngantuk," ujar Rachel.

[Baca juga: Cerita Rachel Amanda Sembuh dari Kanker Tiroid]

 

Mengapa sampai sempat ada tumor dan sel kanker bersarang di kelenjar tiroidnya? Rachel mengatakan, menurut dokter penyebab utamanya adalah karena ia kelebihan zat yodium. Namun Rachel beranggapan ada faktor lain yang juga memicu kanker itu.

"Aku kena tiroid kayaknya juga aku kena paparan radikal bebas. Aku hidup di dunia akting kan udah cukup lama. Lokasinya enggak jauh dari asap rokok dan makanan," ujarnya.

"Di sisi lain aku ada turunan genetik, nenek dan tanteku pernah kena tiroid. Bisa jadi karena itu terus kepicu juga mungkin, karena kondisi lokasi yang tidak steril. Tapi enggak benar-benar pasti," tambah Rachel.

[Baca juga: Rachel Amanda: Pembajakan Itu Merusak]

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X