Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alice Norin Peduli Pencegahan Kanker Serviks

Kompas.com - 28/08/2017, 17:36 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Alice Norin menjadi pembicara dalam sebuah acara penyuluhan bahaya kanker serviks di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Senin (28/8/2017).

Dalam kesempatan ini Alice mengaku sebagai wanita yang kerap menjaga kesehatan dengan melakukan vaksin pencegah kanker serviks. Ia juga melakukan medical check up satu tahun sekali.

"Penting merawat organ intim mencegah kanker serviks. Jadi lebih banyak pengetahuan saja karena memang ini menjadi nomor satu pembunuh di Indonesia. Jadi perlu diedukasikan lebih," kata Alice.

Alice menganjurkan wanita yang sudah pernah melakukan hubungan seksual untuk segera melakukan vaksin. Ia mengingatkan bahwa kanker serviks bisa disebabkan oleh human papiloma virus yang menular dari hubungan seksual.

"Banyak yang enggak tahu. Tapi, vaksin enggak cuma yang sudah berhubungan, tapi anak 10 tahun (yang belum) juga sudah bisa divaksin," kata Alice.

Menurut Alice, mencegah dan mendeteksi sedini mungkin lebih baik daripada mengobati. Sebab kanker tidak seperti penyakit lain yang terlihat gejala awalnya seperti flu, pusing, dan sebagainya.

"Kalau cancer itu enggak ada (gejala awal). Jadi ada gejalanya kalau merasakan sesuatu itu biasanya pas sudah parah," kata dia.

Alice peduli dengan penyakit ini karena tidak lepas dari riwayat anggota keluarganya yang pernah mengidap kanker dan meninggal dunia. Dalam hal ini, ibunda Alice tutup usia karena kanker pada bagian tulang.

"Jadi semakin terdedukasi tentang itu dan lebih baik mencegah. Bisa sharing juga ke orang-orang yang kita sayangi," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com