Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Pakar Industri Film Dunia Bakal Kumpul di Balinale 2017

Kompas.com - 07/09/2017, 13:46 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Balinale International Film Festival kembali digelar tahun ini. Penyelenggaraan yang ke-11 tahun Balibale akan berlangsung di Cinemaxx Lippo Mall Kuta, Bali, pada 24 - 30 September 2017.

Produser Balinale, Inneke Indriyani, mengatakan bahwa acara tahunan ini tak hanya menayangkan 108 film dari 42 negara. Melainkan juga mengumpulkan para pakar industri perfilman dunia dalam BalinaleX Film Forum.

"Yang akan hadir dari pihak Disney, Universal Studio, NBC TV, filmmaker dari Jepang, Thailand, New Zealand, dan Australia. Kami harap akan dihadiri banyak filmmaker Indonesia," ujar Inneke dalam konferensi pers Balinale 2017 di Cinemaxx Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis (7/9/2017).

"Richard Brenson (Ketia Virgin Grup) juga hadir dan akan mengadakan video conference dalam film forum tersebut. Itu langka ya," imbuhnya.

Profesional industri film yang terdiri dari eksekutf Indonesia dan internasional, asosiasi perfilman, dan pemerintah itu akan melakukan diskusi meja bundar tentang ekosistem film di Indonesia.

"Mereka akan mempresentasikan ide-ide bagamana mengembangkan industri film di Indonesia. Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi lokasi produksi serial televisi dan film. Indonesia punya tenaga profesional yang berpengalaman, berbagai lokasi spektakuler, dan investasi yang semakin baik bagi industri kreatif," timpal Pendiri dan Direktur Balinale, Deborah Gabinetti.

[Baca: 108 Film dari 42 Negara Akan Diputar di Balinale 2017]

Mereka nantinya berkumpul sebelum acara Balinale dimulai, yakni pada 22 hingga 23 September 2017 di Bali.

"Selama 10 tahun terakhir Balinale selalu mengadakan film forum. Tapi tahun ini kami lebih serius untuk film forum ini, jadi kami adakan dua hari," ucap Inneke menambahkan.

Pembukaan Balinale International Film Festival 2017 akan berlangsung pada 24 September, seremoni ditandai dengan pemutaran film dokumenter Chaplin in Bali (Perancis-Belgia-Singapura) arahan sutradara Raphael Millet.

Kemudian, film peraih tiga trofi Oscar 2017, Moonlight, karya sutradara Barry Jenkins bakal menjadi penutup pada 30 September 2017.

Sebanyak 108 film dari 42 negara akan tayang dalam perhelatan Balinale International Film Festival 2017. Ada film pendek, dokumenter, serta film panjang dari berbagai genre. Film-film itu di antaranya, Ziarah (Indonesia), Almacenados (Meksiko), Anima (Spanyol), Blank 13 (Jepang), Past Imperfect (Belgia), dan Noviatiate (AS). Lalu ada Jonah (Italia), Love (Belanda), Edith (Inggris), Cold of Kalandar (Hungaria), Fist of People (Korea), Paradoxical (Taiwan), serta The Cinema Travellers (India).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com