Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Gerbang Neraka, Rizal Mantovani Bikin Piramida

Kompas.com - 12/09/2017, 14:11 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Mengangkat situs Gunung Padang, Jawa Barat menjadi sebuah film horor, membuat sutradara Rizal Mantovani harus memutar otak membangun replika dari piramida yang ada di dalam gunung tersebut. Pasalnya, hingga saat ini situs Gunung Padang tidak dibuka untuk umum.

Hal itu ia katakan saat diwawancarai Kompas.com di Kantor Legacy Pictures, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/9/2017).

"Kami bikin set sendiri karena belum dibuka, Gunung Padang masih ditutup," kata Rizal.

Hal tersebut dilakukannya, karena Rizal harus meyakinkan penonton bahwa memang ada sebuah piramida tersembunyi di Gunung Padang. Namun, dalam realita sesungguhnya piramida tersebut masih tertutup.

[Baca juga: Rizal mantovani: Gerbang Neraka Berbeda dari Film Horor Lainnya]

 

"(Kendala) Yang terbesar adalah tentu harus membuat sebuah piramida yang tidak ada, piramida yang asli masih tertutup oleh tanaman, sementara ceritanya mereka masuk ke dalam," ujar Rizal.

"Jadi kami merekayasa, kira-kira itu dibuka bentuknya seperti apa sih? Interiornya seperti apa sih? Itu menjadi kendala pertama sih jadi bagaimana kami membuat orang percaya bahwa ada piramida seperti itu dan dalamnya seperti ini," lanjutnya.

Untuk itu Rizal menyiapkan tim desain lengkap dengan riset dan teori yang dibutuhkan, hingga akhirnya terciptalah Piramida Gunung Padang sebagai lokasi shooting Gerbang Neraka.

"Setnya dibuat di Jakarta dan Cibubur. Kami punya production designer, dia yang membuat riset, kebetulan dia arsitek juga, dia menawarkan teori-teori yang kayaknya nih gunungnya seperti ini nih," pungkasnya.

Film yang dibintangi Reza Rahadian, Dwi Sasono dan Julie Estelle itu bisa disaksikan di layar lebar seluruh Indonesia pada 20 September 2017 mendatang.

[Baca juga: Rizal Mantovani Manfaatkan Teknologi CGI untuk Gerbang Neraka]

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com