Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampai Kapan Anak Asri Welas Gunakan Kacamata Plus 16?

Kompas.com - 15/09/2017, 19:48 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah operasi pengangkatan katarak pada kedua matanya, Rayyan Gibran Ridharaharja atau Ibran kini harus menggunakan kacamata plus 16.

Kacamata yang dipakai Ibran mirip dengan kacamata renang dan aman untuk digunakan pada bayi.

Ketika berbincang dengan wartawan di RSIA Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/9/2017), Asri Welas dan suaminya, Galiech Ridha Rahardja tak bisa menentukan sampai kapan sang anak akan mengrnakan kacamata itu.

"Tergantung Ibrannya juga ya, ada yang bilang setahun, dua tahun. Kita lihat nanti perkembangannya seperti apa. Ada yang bilang setelah dua tahun," ujar Galiech.

[Baca juga: Asri Welas: Ada Treatment Khusus untuk Ibran]

Kemudian, Asri menimpali, "Tapi memang sih, dokternya bilang, bisa jadi seumur hidupnya, bisa jadi normal, banyak kemungkinan. Jadi dibiarkan saja karena perkembangan anak beda-beda".

"Kemarin saya sharing di rumah sakit, ada yang dari lahir (matanya) plus 29. Nah dia sekarang umurnya dua tahun dia plus 25. Turun, turun gitu," sambungnya.

Kini, Asri dan Galiech harus mengawasi sang anak, karena Ibran harus selalu mengenakan kacamata tersebut.

"Saya tanya juga sama dokternya, kalau kacamatanya lepas kayak gimana. Ya mungkin seperti (memicingkan mata), enggak fokus. Ya anggap saja. Saya berasumsi nih, bukan profesornya. Mungkin kayak gini ya prof (memicingkan mata)? Kata prof-nya, ya... pokoknya dipakai, gitu aja. Prof-nya enggak menjawab sih," kata Asri.

[Baca juga: Begini Kondisi Anak Asri Welas Setelah Menggunakan Kacamata Plus 16]

 

Diberitakan sebelumnya, Ibran sudah menjalani dua kali operasi dalam satu bulan pada kedua matanya yang menderita penyakit katarak. Namun akhirnya, Ibran bisa melihat kembali dengan bantuan kacamata.

"Alhamdulillah, anakku akhirnya bisa melihat. Tapi pakai kacamata plus 16, tebel banget," pungkas Asri.

Kini, Asri masih menunggu hasil penelitian soal penyebab katarak yang terjadi pada Ibran. Namun, ia belum bisa memastikan kapan hasilnya akan keluar.

[Baca juga: Penyebab Katarak Anak Asri Welas Sedang Diteliti]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com