Begini Kondisi Anak Asri Welas Setelah Menggunakan Kacamata Plus 16

Kompas.com - 15/09/2017, 17:12 WIB
Pasangan Galiech Ridha Rahardja dan Asri Welas menceritakan soal kondisi putra kedua mereka, Rayyan Gibran Ridharaharja, di RSIA Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/9/2017). KOMPAS.com/SINTIA ASTARINAPasangan Galiech Ridha Rahardja dan Asri Welas menceritakan soal kondisi putra kedua mereka, Rayyan Gibran Ridharaharja, di RSIA Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/9/2017).
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah operasi pengangkatan katarak pada kedua matanya, Rayyan Gibran Ridharaharja atau Ibran kini harus menggunakan kacamata plus 16.

Kacamata yang dipakai Ibran mirip dengan kacamata renang dan aman untuk digunakan pada bayi.

Ketika ditemui wartawan di RSIA Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/9/2017), Asri menjelaskan bagaimana kondisi Ibran saat ini setelah tiga hari menggunakan kacamata plus 16 itu.

"Yang pertama memang dia belum boleh pegang matanya. Kedua memang harus terang banget supaya retinanya bisa beradaptasi," jelas Asri.

"Dulu matanya tuh urat-uratnya enggak kelihatan sama sekali, sekarang setelah pakai kacamata baru tiga hari, muncul urat-urat di matanya. Artinya retinanya mulai menerima," sambungnya.

[Baca juga: Penyebab Katarak Anak Asri Welas Sedang Diteliti]

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Asri menjelaskan bahwa kacamata itu harus digunakan Ibran untuk menggantikan lensa matanya yang diambil.

"Penggunaan kacamata itu menggantikan lensa yang diambil, karena di bola mata kita ini bukan di luar ya, ada lapisan yang memang harus diambil, itu tindakan yang terbaik," jelas Asri.

Pemain film Cek Toko Sebelah mengungkapkan, bahwa dokter yang menangani Ibran menjelaskan bahwa kondisi matanya bisa membaik.

"Profesornya bilang lama-lama itu bisa turun, dari plus 16, turun, turun, turun," kata Asri.

[Baca juga: Awal Mula Asri Welas Tahu Anak Keduanya Terkena Katarak]

 

Asri pun bersyukur anaknya kini sudah bisa melihat dan memberi respon.

"(Yang) Pakaiin pertama kali eyangnya. Dari gerak itu ketika dipakaiin, dia (Ibran) diam ada lima menit, terus jantung dia deg-degan. Mungkin dia baru banget. Walapun kataraknya udah dilepas, tapi begitu pakai kacamata, dia kayak baru liat 'Ini emak gue'," terang Asri.

"Jadi ya saya senangnya bisa... karena takutnya pas pakai kacamata dia tetap aja. Kita kan enggak tahu. Tapi dia respon baik," sambungnya.

[Baca juga: Asri Welas Tak Sabar Menanti Anaknya Bisa Melihat Normal]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.