Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musik Membantu Isyana Berekspresi

Kompas.com - 27/09/2017, 18:41 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Isyana Sarasvati (24) mengaku bahwa ia termasuk orang yang introvert saat kecil dulu. Lewat musik lah, kata Isyana, pribadi introvertnya bisa mencurahkan isi hatinya.

"Musik menyempurnakan introvert aku. Kayak elemen yang menyempurnakan. (Introvert) bukan malah menyulitkan," kata Isyana di sela peluncuran album kedua yang bertajuk Paradox di sebuah tempat di Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (27/9/2017).

Menurut Isyana, ia dulu orang yang takut akan keramaian. Setiap kali di tempat ramai, Isyana mengaku minder dan lebih memilih untuk menyendiri.

[Baca juga: Isyana Sarasvati Luncurkan Paradox sebagai Album ke-2]

Bahkan, kata Isyana, ia termasuk orang yang agak pelit dalam berbicara. Biasanya jika ingin menuangkan sebuah perasaannya, pelantun lagu "Angan-anganku" itu akan melampiaskannya dengan memainkan alat musik.

"Aku kalau lagi happy atau marah langsung main piano. Makanya orangtua tahu aku suka musik dan dikursuskan musik. 'Ini anak kalau waktu kecil kalau apa-apa main piano'," katanya.

Setelah lepas sekolah, Isyana pun memantapkan diri untuk mengambil sekolah musik. Ia mempelajari bagaimana mejadi seorang musisi dan menunjukkan performanya dalam sebuah pertunjukan musik.

"Aku jadi bisa berekspresi. Membuat orang yang menonton tertawa. Banyak perubahan," kata dia.

Lantas, apakah sikap introvert Isyana kini terkikis dan mengubahnya menjadi ekstrovert?

"Alhamdulilah enggak seperti itu sih. Seiring waktu, aku jadi lebih nyaman jadi diri sendiri. Namanya manusia kan?" kata dia.

[Baca juga: Isyana Sarasvati Bakal Galau kalau Kurang Makan]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com