Garin Nugroho Ungkap Kunci Kesuksesannya

Kompas.com - 09/10/2017, 23:50 WIB
Garin Nugroho KOMPAS.com/PUTRA PRIMA PERDANAGarin Nugroho
|
EditorIrfan Maullana

BANDUNG, KOMPAS.com - Produser dan sutradara Garin Nugroho membeberkan kunci kesuksesan dalam membuat pentas seni pertunjukan.

Hal itu dia sampaikan kepada puluhan anak muda Kota Bandung yang hadir dalam Bincang Seni Pertunjukan Indonesia yang digagas oleh Bakti Budaya Djarum Foundation dan Garin Nugroho di Selasar Sunaryo Art Space, Bukit Dago Timur, Bandung, Senin (9/10/2017) malam.

"Antara gagasan, keterampilan, serta pemahaman pasar sangat penting. Tiga itu menjadi unsur terpenting," kata Garin Nugroho, Senin malam.

Selain itu, Garin juga memberikan masukan kepada para anak muda pelaku seni pertunjukan agar memerhatikan pengembangan penonton.

Kata Garin, kebanyakan seni pertunjukan berangkat dari komunitas, ditonton komunitas, dan dinilai oleh komunitas. 

"Seniman perlu memerhatikan pengembangan penonton baru," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

[Baca: Garin Nugroho: Ruang Tumbuh Kreativitas Masih Minim]

Lebih lanjut Garin menambahkan, seni pertunjukan terus tumbuh dan berkembang di Indonesia, namun hal ini tidak dibarengi dengan regenerasi kreator muda yang mampu terus konsisten berkarya sekaligus membangun komunitas seni di lingkungannya. 


"Berangkat dari hal tersebut, kami mengadakan program ruang kreatif yang mencari bakat-bakat para seniman muda baru di dunia seni. Harapan kami, melalui program ini dapat melahirkan para seniman muda Indonesia di dunia seni pertunjukan yang mampu bersaing dengan seniman yang ada di dalam maupun luar negeri," ungkapnya. 

Salah satu unsur dalam seni pertunjukan yang perlu diutamakan adalah memiliki pimpinan produksi muda yang tahu segala kebutuhan tim dari hal kecil sampai hal besar agar dapat mempresentasikan usulan-usulan seni pertunjukan secara efisien dan efektif kepada pemodal. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.