Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Glenn Fredly Bicara Kebhinnekaan lewat Lagu-lagu Cinta

Kompas.com - 21/10/2017, 19:37 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dan pencipta lagu Glenn Fredly selalu punya inovasi dalam meramu sebuah pertunjukan musik.

Setelah konser Tanda Mata yang ia gelar untuk mengapresiasi karya musisi-musisi Tanah Air, kini Glenn mempersembahkan showcase tentang keberagaman lagu-lagu cinta yang dikemas dengan format radio. 

"Konsepnya memang seolah-olah radio, tapi sebenarnya kami ingin bagaimana menerjemahkam kebhinnekaan dalam lagu-lagu cinta," ujar Glenn dalam Bhinneka Tunggal Cinta di Auditorium Galeri Indonesia Kaya Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2017) sore.

Baca juga : Kelompok Penerbang Roket Bangga Bisa Kolaborasi Bareng Glenn Fredly

Karena konsepnya seperti radio, Glenn yang bertindak sebagai host bersama Alika, Mytha Lestari, Nina Tamam, Regina dan Rheno Poetiray, Calvin Jeremy serta Amelia Ong yang terlibat, akan membacakan surat pendengar pada saat jeda lagu.
 
Berangkat dari curhatan surat pendengar itu, Glenn dan kawan-kawan diiringi oleh permainan musik Ifa Fachir untuk menyanyikan lagu-lagu cinta. Tembang ciptaan Glenn dan Ifa yang mencerminkan kebhinnekaan hubungan asmara mengisi susunan repertoar showcase Bhinneka Tunggal Cinta.

Sebagai pembuka acara, lagu "Sekali Ini Saja" dan "Ku Ingin Kembali" yang dibawakan secara medley oleh Glenn dan Mytha Lestari. Selanjutnya lagu "Waktu Kan Menjawab" dinyanyikan oleh Nina Tamam yang berduet dengan Alika sert Myhta.

Duo Regina & Rheno Poetiray juga tampil menyanyikan "Dibalas Dengan Dusta", Amelia Ong membawakan "#SusahMoveOn", kemudian sajian lagu "Apa Adanya" oleh Glenn, Nina, dan Alika.

Baca juga : Konser #TNDMT Usai, Glenn Fredly Banjir Pujian dari Slank

Penyanyi Calvin Jeremy turut andil menghibur penikmat seni yang memadati auditorium. Ia menyuguhkan mash up dari lagu "Kita" dan "Nostalgia".

Glenn kemudian mengambil alih panggung bersama Alika dan berduet  dalam medley lagu "Sabda Rindu" - "LDR". Dilanjutkan oleh "Nyali Terakhir" yang terdengar syahdu dari bibir Glenn Fredly.

Selama kurang lebih 90 menit, penonton dimanjakan oleh suara merdu para penyanyi kawakan Tanah Air.

Pada penghujung acara, Glenn dan para pengisi acara menutup Sabtu sore yang romantis dengan menyanyikan lagu "Kemesraan" dan "Karena Cinta".

Ditemui usai acara, Glenn mengatakan bahwa Bhinneka Tunggal Cinta adalah idiom yang ia bikin untuk menggambarkan bahwa keberagaman tidak cuma soal suku, ras, dan agama, tetapi juga tentang cinta.

"Dalam kehidupan sehari-hari permasalahan cintanya banyak banget. Ragamnya di situ justru," ucap Glenn.

"Permasalahan dalam lagu cinta itu kami coba tuangkan dalam realitas kehidupan hari ini dalam konteks politik, sosial, budaya. Ngomongin masalah aktual, tapi pengantarnya lagu-lagu cinta," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com