"Negeri Dongeng", Pendakian di 7 Gunung Tertinggi di Indonesia

Kompas.com - 25/10/2017, 15:36 WIB
Sutradara Anggi Frisca berpose di kantor redaksi Kompas.com di Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2017). Kedatangannya untuk mempromosikan film dokumenter Negeri Dongeng yang akan tayang di bioskop pada 26 Oktober 2017. KOMPAS.com/Tri Susanto SetiawanSutradara Anggi Frisca berpose di kantor redaksi Kompas.com di Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2017). Kedatangannya untuk mempromosikan film dokumenter Negeri Dongeng yang akan tayang di bioskop pada 26 Oktober 2017.
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komunitas Aksa7 Artspedition membuat sebuah film dokumenter berjudul Negeri Dongeng. Film itu mengangkat kisah tujuh pendaki berbeda di tujuh gunung tertinggi di Indonesia.

Sutradara Anggi Frisca mengatakan, bahwa film dokumenter itu merupakan proyek mimpi hasil kolaborasinya dengan produser Chandra Sembiring.

"Negeri Dongeng ini sebenarnya project mimpi," ujar Anggi saat berbincang di kantor redaksi Kompas.com, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2017).

Wanita yang pernah meraih penghargaan Best Cinematography ajang Apresiasi Film Indonesia untuk film Mata Tertutup itu mempunyai alasan membuat film tersebut.

"Ini film tentang kegelisahan melihat Indonesia dan menumbuhkan cinta itu dengan apa? Lalu inspirasi muncul lewat film ini," kata dia.

"Film ini menceritakan ekspedisi ke tujuh gunung di Indonesia, tapi secara cerita bukan tentang gunung. Bagaimana bertemu masyarakat, dan menyelesaikan masalah dengan teman. Munculnya rasa cinta karena melihat keadaan itu," sambung dia.

[Baca juga : Gala Premiere Film Negeri Dongeng di Makasar]

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anggi mengatakan proses pengambilan gambar kali pertama dilakukan pada November 2014 lalu, yakni di Gunung Kerinci.

Selanjutnya ada Gunung Semeru (Desember 2014), Gunung Rinjani (Januari 2015), Gunung Bukit Raya (Februari 2015), Gunung Rantemario (Mei 2015), Gunung Binaiya (November 2015), dan Gunung Cartenz (April 2016.

Anggi menuturkan bahwa gunung-gunung tersebut ditentukan atas dasar mewakili beberapa provinsi di Indonesia. Lalu, dipilihlah beberapa guest expeditors yang akan mendaki ditiap ekspedisi.

Mereka adalah Nadine Chandrawinata yang mendaki Gunung Carstensz, Darius Sinatharya mendaki Gunung Binaiya, Medina Kamil, Djukardi "Bongkeng" Adriana, Matthew Tandioputra, dan pendaki lainnya.

"Pemilihan guest expeditors ini karena mereka punya passion yang sama dengan kami," ujar dia.

Setelah melalui proses produksi yang panjang, film Negeri Dongeng direncanakan akan tayang di jaringan bioskop Tanah Air pada 26 Oktober 2017.

[Baca juga : Nadine Chandrawinata: Mengapa Tidak Selfie Ketika Menanam Mangrove]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.