Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Pertama Ayushita Ikut Aksi Kamisan

Kompas.com - 13/12/2017, 09:11 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Ayushita Nugraha (28) bercerita tentang pengalaman pertamanya mengikuti aksi Kamisan di depan Istana Negara.

Aksi Kamisan dilakukan oleh keluarga dari aktivis yang hilang dalam tragedi 1998 untuk mengungkap kebenaran, mencari keadilan, dan melawan lupa. 

Aksi Kamisan yang identik dengan payung hitam dilakukan setiap hari Kamis sejak 18 Januari 2007 hingga kini di depan Istana Negara.

"Pertama kali (ikut). Saya enggak bisa tahan sih begitu nyampe, saya langsung inget lagi rasanya (tragedi 1998). Aku ikut merasakan kejadian 98, tapi belum dewasa jadi enggak tahu persis kejadiannya seperti apa," kata Ayushita di Institut Français d'Indonésie (IFI), Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2017) malam.

Ia mengikuti aksi Kamisan itu untuk keperluan shooting film pendek berjudul Laut Bercerita adaptasi dari novel berjudul sama karya Leila S Chudori.

Dalam film berdurasi 30 menit itu, Ayushita berperan sebagai Asmara Jati, adik seorang aktivis bernama Biru Laut yang hilang dalam kerusuhan 1998.

"Kemarin ada adegan saya dan ibu saya harus melakukan Kamisan. Melakukan aksi Kamisan memakai baju hitam dan payung hitam. Pengadeganannya betul-betul diambil pada saat Kamisan," ujar Ayushita.

Dara kelahiran 9 Juni 1989 ini mengaku takjub akan dedikasi keluarga korban hilang yang terus konsisten melakukan Kamisan selama 10 tahun.

"Waktu proses shooting Kamisan, itu adalah minggu ke 515. Itu juga yang sangat saya kagumi karena mereka sangat konsisten melakukan Kamisan dari awal. Sampai mereka terus melakukannya hingga sekarang," ujar Ayushita.

Baca juga : Ayushita Kangen Kumpul dengan BBB

Film pendek Laut Bercerita merupakan arahan sutradara Pritagiya Arianegara dan diproduksi oleh Cineria Films dan Yayasan Dian Sastrowardoyo.

Sederet aktor kawakan Indonesia terlibat di dalamnya. Ada Reza Rahadian, Ayushita Nugraha, Dian Sastrowardoyo, Tio Pakusadewo, Lukman Sardi, Tanta Ginting, Aryani Willems, Ade Firman Hakim, Haydar Salihz, dan Adjie NA.

Baca juga : Ayushita Jadi Kurir Film Kartini di Amerika Serikat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com