Pengalaman Pertama Ayushita Ikut Aksi Kamisan

Kompas.com - 13/12/2017, 09:11 WIB
Ayushita Nugraha dalam wawancara di Institut Français dIndonésie (IFI), Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2017). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGAyushita Nugraha dalam wawancara di Institut Français dIndonésie (IFI), Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2017).
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Ayushita Nugraha (28) bercerita tentang pengalaman pertamanya mengikuti aksi Kamisan di depan Istana Negara.

Aksi Kamisan dilakukan oleh keluarga dari aktivis yang hilang dalam tragedi 1998 untuk mengungkap kebenaran, mencari keadilan, dan melawan lupa. 

Aksi Kamisan yang identik dengan payung hitam dilakukan setiap hari Kamis sejak 18 Januari 2007 hingga kini di depan Istana Negara.

"Pertama kali (ikut). Saya enggak bisa tahan sih begitu nyampe, saya langsung inget lagi rasanya (tragedi 1998). Aku ikut merasakan kejadian 98, tapi belum dewasa jadi enggak tahu persis kejadiannya seperti apa," kata Ayushita di Institut Français d'Indonésie (IFI), Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2017) malam.

Ia mengikuti aksi Kamisan itu untuk keperluan shooting film pendek berjudul Laut Bercerita adaptasi dari novel berjudul sama karya Leila S Chudori.

Dalam film berdurasi 30 menit itu, Ayushita berperan sebagai Asmara Jati, adik seorang aktivis bernama Biru Laut yang hilang dalam kerusuhan 1998.

"Kemarin ada adegan saya dan ibu saya harus melakukan Kamisan. Melakukan aksi Kamisan memakai baju hitam dan payung hitam. Pengadeganannya betul-betul diambil pada saat Kamisan," ujar Ayushita.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dara kelahiran 9 Juni 1989 ini mengaku takjub akan dedikasi keluarga korban hilang yang terus konsisten melakukan Kamisan selama 10 tahun.

"Waktu proses shooting Kamisan, itu adalah minggu ke 515. Itu juga yang sangat saya kagumi karena mereka sangat konsisten melakukan Kamisan dari awal. Sampai mereka terus melakukannya hingga sekarang," ujar Ayushita.

Baca juga : Ayushita Kangen Kumpul dengan BBB

Film pendek Laut Bercerita merupakan arahan sutradara Pritagiya Arianegara dan diproduksi oleh Cineria Films dan Yayasan Dian Sastrowardoyo.

Sederet aktor kawakan Indonesia terlibat di dalamnya. Ada Reza Rahadian, Ayushita Nugraha, Dian Sastrowardoyo, Tio Pakusadewo, Lukman Sardi, Tanta Ginting, Aryani Willems, Ade Firman Hakim, Haydar Salihz, dan Adjie NA.

Baca juga : Ayushita Jadi Kurir Film Kartini di Amerika Serikat



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X