Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alunan Gamelan Bali Beri Keteduhan DWP 2017

Kompas.com - 15/12/2017, 21:19 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Dentuman electronic dance music masih menjadi menu utama dalam pergelaran hari pertama Djakarta Warehouse Project (DWP) 2017.

Namun, disjoki (DJ) dalam negeri Adhe Bachtiar atau DJ Devarra mampu meneduhkan DWP tahun ini dengan nuansa musik khas Indonesia melalui bunyi-bunyian gamelan Bali yang mengalun di JIExpo Kemayoran, Jumat (15/12/2017) malam.

Tepat pada awal penampilannya, Devarra memperdengarkan suara gamelan Bali diiringi dengan tampilan visual kegiatan warga Pulau Dewata di latar panggung Garuda Land.

Alunan gamelan Bali dimainkan bersamaan dengan beberapa beat yang tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lambat.

Panggung Garuda Land merupakan panggung terbesar pada DWP 2017, dengan ornamen burung garuda berukuran besar lengkap dengan kepala yang bisa bergerak ke kiri dan kanan.

Baca juga : DJ Dalam Negeri Ramaikan Pembukaan DWP 2017

Di kiri dan kanan kepala burung garuda, terbentang sayap yang lebar, di mana permainan tata cahaya mendominasi seluruh bagian burung tersebut.

Party goers yang berada di lokasi seketika tampak hening menikmati alunan gamelan Bali itu. Setelah beberapa saat, Devarra mulai menaikkan tempo dengan meninggalkan alunan gamelan Bali sebelum transisi ke lagu "Focus" yang menjadi proyek kolaborasinya dengan Gianni Marino serta Hvnnibvl.

"Tonight, everything gonna be allright," seru party goers menyanyikan bagian awal lagu tersebut.

Tidak terlalu banyak efek yang dipakai Devarra pada lagu ini. Meski begitu, beat-beat sedang dengan nuansa musik trance tersebut sukses mengajak party goers bergoyang.

Setelah diajak sedikit pemanasan, Devarra beralih ke lagu selanjutnya dengan beat yang lebih meningkat, yaitu "More Than You Know" dari Axwell/Ingrosso.

Baca juga : Massa Penolak DWP Berencana Demo Lagi

 

Untuk lagu ini, Devarra mulai berimprovisasi dengan menyisipkan beat-beat bernuansa trap yang diikuti dengan goyangan serta tangan yang diangkat ke atas dari party goers.

Sama seperti DWP tahun 2016, untuk tahun ini pihak penyelenggara menyediakan tiga panggung, yakni Garuda Land yang terletak di luar ruangan, dan dua panggung di dalam ruangan, Neon Jungle serta Cosmic Stasion.

Pada hari ini, sejumlah DJ ternama dari luar negeri akan dihadirkan, di antaranya Marshmello, R3hab, hingga Tiesto.

 Baca juga : Pengunjuk Rasa Teriaki Pengunjung DWP Berpakaian Mini yang Melintas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com