Mengenal Ilan Bluestone, DJ yang Jatuh Cinta pada Musik Trance

Kompas.com - 16/12/2017, 13:45 WIB
Ilan Bluestone berpose usai diwawancara di sela acara Djakarta Warehouse Project 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (15/12/2017). Pertunjukan yang berlangsung selama dua hari ini dimeriahkan oleh aksi panggung lainnya antara lain Marshmello, Rich Chigga, Steve Aoki, David Gravel, Hardwell dan lain-lain. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Ilan Bluestone berpose usai diwawancara di sela acara Djakarta Warehouse Project 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (15/12/2017). Pertunjukan yang berlangsung selama dua hari ini dimeriahkan oleh aksi panggung lainnya antara lain Marshmello, Rich Chigga, Steve Aoki, David Gravel, Hardwell dan lain-lain.
|
EditorIrfan Maullana


JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu disjoki (DJ) penampil pada Djakarta Warehouse Project (DWP) 2017, Ilan Bluestone, berbagi kesan dan pengalamannya selama menggeluti profesi meracik electronic dance music (EDM).

DJ yang konsisten membawakan genre trance music dalam keluarga besar aliran EDM ini awalnya menceritakan tentang aksinya setelah menyambangi beberapa kota besar di Indonesia, beberapa tahun terakhir.

"Saya sebelumnya sudah bermain di Indonesia, di Bali dan Surabaya. Saya juga bermain di Colloseum di Jakarta. Saya sangat senang bermain di Indonesia, dan menjadi sebuah kepuasan tersendiri untuk kembali tampil di sini," kata Ilan dalam sebuah wawancara eksklusif di ruang VIP DWP 2017 di JIExpo Kemayoran, Jumat (15/12/2017) malam.

Hal yang paling membekas di benak Ilan ketika membawa musiknya di Indonesia adalah animo party goers. Dari beberapa kali penampilannya, dia mengaku selalu merindukan suasana, keramaian, dan semangat yang ditularkan oleh party goers terhadap dirinya dan musik yang ia mainkan.

Baca juga : DWP Diprotes Sejumlah Ormas, Bimbim Slank Ikut Berkomentar

Bahkan, untuk party goers DWP 2017, Ilan menyiapkan musik yang dia mixing sendiri dan belum pernah diperdengarkan di acara maupun festival lain. Ilan juga sempat membawakan beberapa lagu dari album pertamanya untuk diputar di DJ booth panggung indoor DWP 2017, Cosmic Station.

Ilan mengungkapkan, sedari dulu, dia konsisten bermain di genre trance, sebuah genre yang dia cintai hingga saat ini. Dia juga mengidolakan sejumlah DJ ternama yang menjadi inspirasinya berkarya hingga saat ini, di antaranya Armin van Buuren dan Tiesto.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mungkin beberapa orang di dunia ini menganggap mereka tidak suka dengan musik trance, tapi saya membawa hal yang berbeda dari trance," tutur Ilan.

Baca juga : Di DWP 2017, Marshmello Racik Eta Terangkanlah dengan Trap Music

Dia akan tetap membawa genre tersebut sepanjang kariernya sebagai DJ. Dalam waktu dekat, Ilan menyebut akan ada kolaborasi bersama sejumlah DJ ternama dunia, salah satunya DJ asal Belanda, Ferry Corsten.

"Ada beberapa rencana kolaborasi lagi yang belum bisa diungkapkan karena itu masih rahasia, tapi saya pasti sangat bersemangat dengan rencana itu," ujar Ilan.

Saat ditanya apakah ada rencana tampil atau membuat musik bersama DJ asal Indonesia, Ilan mengaku belum berpikir ke sana. Namun, dia mengaku tahu satu DJ Indonesia yang bermain musik trance seperti dirinya, yakni LTN atau Louis Tanuadmadja.

Baca juga : R3hab Tampil dengan Multi-genre Musik-musik EDM di DWP 2017

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.