Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Ilan Bluestone, DJ yang Jatuh Cinta pada Musik Trance

Kompas.com - 16/12/2017, 13:45 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu disjoki (DJ) penampil pada Djakarta Warehouse Project (DWP) 2017, Ilan Bluestone, berbagi kesan dan pengalamannya selama menggeluti profesi meracik electronic dance music (EDM).

DJ yang konsisten membawakan genre trance music dalam keluarga besar aliran EDM ini awalnya menceritakan tentang aksinya setelah menyambangi beberapa kota besar di Indonesia, beberapa tahun terakhir.

"Saya sebelumnya sudah bermain di Indonesia, di Bali dan Surabaya. Saya juga bermain di Colloseum di Jakarta. Saya sangat senang bermain di Indonesia, dan menjadi sebuah kepuasan tersendiri untuk kembali tampil di sini," kata Ilan dalam sebuah wawancara eksklusif di ruang VIP DWP 2017 di JIExpo Kemayoran, Jumat (15/12/2017) malam.

Hal yang paling membekas di benak Ilan ketika membawa musiknya di Indonesia adalah animo party goers. Dari beberapa kali penampilannya, dia mengaku selalu merindukan suasana, keramaian, dan semangat yang ditularkan oleh party goers terhadap dirinya dan musik yang ia mainkan.

Baca juga : DWP Diprotes Sejumlah Ormas, Bimbim Slank Ikut Berkomentar

Bahkan, untuk party goers DWP 2017, Ilan menyiapkan musik yang dia mixing sendiri dan belum pernah diperdengarkan di acara maupun festival lain. Ilan juga sempat membawakan beberapa lagu dari album pertamanya untuk diputar di DJ booth panggung indoor DWP 2017, Cosmic Station.

Ilan mengungkapkan, sedari dulu, dia konsisten bermain di genre trance, sebuah genre yang dia cintai hingga saat ini. Dia juga mengidolakan sejumlah DJ ternama yang menjadi inspirasinya berkarya hingga saat ini, di antaranya Armin van Buuren dan Tiesto.

"Mungkin beberapa orang di dunia ini menganggap mereka tidak suka dengan musik trance, tapi saya membawa hal yang berbeda dari trance," tutur Ilan.

Baca juga : Di DWP 2017, Marshmello Racik Eta Terangkanlah dengan Trap Music

Dia akan tetap membawa genre tersebut sepanjang kariernya sebagai DJ. Dalam waktu dekat, Ilan menyebut akan ada kolaborasi bersama sejumlah DJ ternama dunia, salah satunya DJ asal Belanda, Ferry Corsten.

"Ada beberapa rencana kolaborasi lagi yang belum bisa diungkapkan karena itu masih rahasia, tapi saya pasti sangat bersemangat dengan rencana itu," ujar Ilan.

Saat ditanya apakah ada rencana tampil atau membuat musik bersama DJ asal Indonesia, Ilan mengaku belum berpikir ke sana. Namun, dia mengaku tahu satu DJ Indonesia yang bermain musik trance seperti dirinya, yakni LTN atau Louis Tanuadmadja.

Baca juga : R3hab Tampil dengan Multi-genre Musik-musik EDM di DWP 2017

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com