Reaksi Para Pengungsi Palestina Bikin Melly Goeslaw Sedih

Kompas.com - 26/12/2017, 12:31 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com -- Penyanyi dan pencipta lagu Melly Goeslaw merasa terenyuh ketika melihat reaksi para pengungsi Palestina di Provinsi Kilis, Turki, dekat perbatasan dengan Suriah.

Pekan lalu, Melly bersama rekan seprofesinya, Opick, dalam rombongan sebuah lembaga amal, bertolak ke sana untuk menyampaikan bantuan.

"Yang bikin menyedihkan tuh, kan kalau bikin acara sosial, kalau banjir, gempa bumi, dan sebagainya. Kalau datang bantuan kan (pengungsi) langsung berkeroyok, bergerombol terus heboh, rebutanlah (bantuan)," ujar Melly dalam wawancara di kediamannya di Bintaro Jaya Sektor 9, Tangerang Selatan, baru-baru ini.

Namun, reaksi seperti itu tidak ia jumpai saat memberikan bantuan kepada para pengungsi Palestina. Mereka justru cenderung diam atau tak menunjukkan ekspresi apa-apa.

"Yang bikin sedih tuh itu. Ini kayak hidup segan mati tak mau, gimana sih kayak sudah apatis sama keadaan, enggak senyum, diajak ngomong juga jawabnya susah, dikasih bantuan juga enggak berekspresi," ujar Melly.

[Baca juga : Melly Goeslaw Tak Bisa Wujudkan Keinginan Adopsi Dua Anak Palestina]

Bahkan, ada pengungsi yang sampai bersembunyi saat melihat rombongan Melly datang menghampiri mereka.

"Itu lebih parah, mereka bener-bener enggak mau disamperin gitu. Ketika ada orang asing, mereka sembunyi ke dekat tempat apa pun yang bisa mereka sembunyi," ujar pelantun "Bunda" itu.

"Jadi kami harus pelan-pelan banget samperinnya. Ada beberapa yang mau, tapi mayoritas enggak mau. Trauma," tambahnya.

Melly menduga itu karena para pengungsi itu trauma karena tragedi yang menimpa keluarga mereka di Palestina. "Mereka ngelihat orang asing tuh udah curiga duluan. Udah enggak nyaman kan," ujar Melly lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.