Indro Warkop Cerita Sulitnya Jadi Pengisi Suara "Si Juki The Movie"

Kompas.com - 27/12/2017, 20:45 WIB
Sutradara film Si Juki The Movie Faza Meonk bersama artis komedi Indro Warkop dan solois Wizzy saat ditemui dalam gala premier film Si Juki The Movie di CGV BEC Mall, Bandung, Rabu (27/12/2017). KOMPAS.com/DENDI RAMDHANISutradara film Si Juki The Movie Faza Meonk bersama artis komedi Indro Warkop dan solois Wizzy saat ditemui dalam gala premier film Si Juki The Movie di CGV BEC Mall, Bandung, Rabu (27/12/2017).
|
EditorBestari Kumala Dewi

BANDUNG, KOMPAS.com - Artis komedi Indro "Warkop" membeberkan kesulitannya saat menjadi pengisi suara sebagai Profesor Juned dalam film animasi Si Juki The Movie.

Pria berusia 59 tahun itu menuturkan, proses mengisi suara dalam film Si Juki cenderung rumit. Sebab, proses perekaman suara dilakukan pascaproduksi animasi.

Hal itu membuatnya harus berimajinasi demi menghasilkan percakapan yang mampu merepresentasikan suasana dalam skenario.

"Kayaknya kita sepakat ini pengalaman pertama kali dan sulit buat kami yang sudah biasa syuting layar lebar," kata Indro saat menghadiri gala premier film Si Juki The Movie di CGV BEC Mall, Bandung, Rabu (27/12/2017).

[Baca juga : Indro Warkop: Saya Orang yang Enggak Punya Obsesi ]

Menurut Indro, pengalamannya puluhan tahun di dunia film tak serta merta membuat tugasnya lebih ringan. Dia menilai, menjadi pengisi suara punya dimensi berbeda dibandingkan jadi seorang aktor.

"Kalau sekarang kita kayak di radio kita harus berucap dengan imajinasi agar pesannya sampai, kesulitannya itu. Kita sepakat lebih susah, lebih capek. Kalau pulang saya minum obat pusing, capek baget," tuturnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menuturkan, proses mengisi suara pun lebih panjang dari syuting film. Sebelum turun rekaman, para pemain mesti melakukan workshop sebulan lebih demi mendalami karakter.

"Kita ada workshop untuk pendalaman karakter, mungkin sebulan tuh agar dapet feel-nya. Teknologinya kita mengikuti film animasi luar, ngomong dulu, baru gambar. Mungkin kalau gambar duluan kita lebih gampang. Tapi justru kalau pengisi suara duluan efeknya jadi enggak kelihatan dubbing," jelasnya.

[Baca juga : Indro Warkop Tak Bergairah Liburan Akhir Tahun di Luar Kota]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.