Belajar dari Kisah Yon Koeswoyo, Triawan Munaf Godog Sistem Royalti

Kompas.com - 05/01/2018, 19:00 WIB
Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf di rumah duka Yon Koeswoyo di jalan Salak, Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (5/1/2018). KOMPAS.com/Dian Reinis Kumampung Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf di rumah duka Yon Koeswoyo di jalan Salak, Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (5/1/2018).
|
EditorBestari Kumala Dewi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com-- Kisah musisi Yon Koeswoyo yang masih harus bekerja untuk menghidupi keluarga di masa tuanya membuat Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf tertegun.

Ia pun mengungkapkan, bahwa kini badan yang ia kepalai tengah mempersiapkan sebuah sistem untuk kesejahteraan musisi.

"Kita sedang mempersiapkan sebuah sistem. Intinya gini, kesejahteraan mereka yang harus diperhatikan ya kan, karena ada masa sudah tua dan sakit," ujarnya saat ditemui di rumah duka di jalan Salak, Pamulang, Tangerang Selatan, Jumat (1/5/2018).

BEKRAF tengah menggodog sebuah sistem yang nantinya akan memberikan royalti dari karya seorang musisi, sehingga bisa memperoleh gaji di setiap bulannya.

[Baca juga : Triawan Munaf Sebut Yon Koeswoyo Sebagai King of Pop Indonesia]

"Nah kenapa belum bisa terpenuhi kesejahteraan mereka, karena sistemnya belum ada, kita sedang men-developed sistem itu dengan beberapa musisi yang tahu IT dan lain-lain. Sehingga hasil ciptaan itu begitu dipakai, akan mengalirkan income buat mereka, yang akan dinikmati tiap bulan bisa menjadi gaji mereka," katanya.

Triawan berharap agar hal ini segera dapat terwujud.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Itu mudah-mudahan tercapai dalam satu atau dua tahun ini. Sistem ini didukung oleh digitalisasi. Ini kalau sudah jadi, ada sosialisasi dan pelaksanaan," ucapnya.

"Ini merupakan jawaban bagi para musisi yang selama ini menderita seolah-olah enggak ada apa-apanya gitu. Kalau di sana kan, lagu "Yesterday" The Beatles masih mengalir kan uangnya," imbuhnya.

[Baca juga : Triawan Munaf: Indonesia Bisa Belajar dari Perancis]

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X