Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Via Vallen Jadi Inspirasi Lesti D'Academy

Kompas.com - 12/02/2018, 20:58 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dangdut Lesti "D'Academy" menyebut Via Vallen sebagai orang yang menginspirasinya untuk menyanyikan lagu dangdut dalam bahasa daerah.

"Selama ini yang ada dipikiran Dede (panggilan akrab Lesti), pengin sekali punya single yang dikenal semua orang, entah lagu Jawa atau Sunda," kata Lesti dalam wawancara di Yonder House, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (12/2/2018).

"Semua tahu Via Vallen, jadi Dede pengin sekali sebenarnya. Jadi motivasi dan cita-cita," tambahnya.

Menurut Lesti, Via mampu membius berbagai lapisan masyarakat Indonesia dengan lagu "Sayang" yang liriknya berbahasa Jawa.

Keberhasilan Via itulah yang kemudian membuat Lesti berpikir untuk ikut melestarikan bahasa daerah asalnya, Jawa Barat, lewat musik dangdut.

Baca juga : Lesti DAcademy Tergoda Dangdut Koplo

"Sekarang kan lagi hits dangdut koplo lagu-lagu Jawa. Nah, Dede juga tertantang pengin sekali punya single lagu Sunda, tapi orang bisa menikmati lagu itu seperti lagu Jawa koplo. Kalau Dede punya single Jawa, oke juga sih," ujar Lesti.

Ia pun berharap segera bertemu dengan pencipta lagu yang punya visi yang sama dengannya agar mimpinya itu bisa terwujud.

"Mudah-mudahan ada pencipta lagu yang punya satu pemikiran dengan Dede, tiba-tiba kasih lagu-lagu Sunda yang dibikin koplo. Jadi orang bisa tahu ini lagu Sunda bagus loh bisa dibikin koplo," kata Lesti.

Kalau pun belum punya kesempatan membuat lagu baru berbahasa Sunda, paling tidak ia bisa menyanyikan ulang lagu daerah Jawa Barat dengan arasemen musik dangdut koplo.

"Kalau nulis lagu berbahasa Sunda susah ya, jadi Dede pengin recycle lagu-lagu Sunda, tapi dibikin kemasan koplo," ucap Lesti.

Baca juga : Lesti Tersanjung Dengar Jokowi Gemar Tonton Penampilannya di Televisi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com