Tiga Sineas Hollywood yang Pernah Menolak Piala Oscar

Kompas.com - 05/03/2018, 08:57 WIB

KOMPAS.com - Banyak aktor, penulis, dan direktur mengatakan bahwa mereka tidak peduli tentang menang Academy Award, bahkan jika mereka benar-benar menang.

Namun selama 90 tahun sejarah Oscar, hanya ada sedikit sineas yang betul-betul berani menolak menerima trofi berbentuk patung ksatria emas itu.

Salah satu momen penolakan Piala Oscar yang paling terkenal adalah ketika Marlon Brando memenangi gelar Aktor Terbaik untuk perannya dalam film The Godfather pada 1973.

Ketika presenter mengumumkan bahwa dia akan menang, kamera menyorot seorang aktris keturunan Apache bernama Sacheen Littlefeather. Ia dikira akan menerima piala untuk Brando, tetapi ternyata tidak.

Littlefeather membawa sepucuk surat dari Brando di mana sang aktor menjelaskan bahwa dia menolak penghargaan tersebut sebagai protes atas perlakuan Amerika terhadap penduduk asli Amerika.

Di tengah pidato Littlefeather, penonton malah mencemooh. Setelah acara tersebut, banyak orang menuding bahwa Littlefeather bukanlah Apache asli.

"(Brando) seharusnya muncul malam itu dan menyatakan pandangannya alih-alih membawa gadis tak dikenal dan membalutnya dengan pakaian Indian," kata aktor John Wayne kepada New York Times kala itu.

Momen itu adalah kali pertama seorang aktor mengirim utusan untuk menolak piala Oscar secara langsung, namun ini bukanlah kali pertama ada aktor yang menolak penghargaan tersebut.

George C Scott juga menolak Piala Oscar sebagai Aktor Terbaik untuk film Patton pada 1970. Namun, tak seperti Brando yang beraksi mengejutkan, Scott sebenarnya telah mengatakan bahwa dia tidak akan menerima Oscar bertahun-tahun sebelumnya.

Ketika menjadi nomine untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik dalam film The Hustler, dia menyatakan tidak menginginkannya karena tidak sependapat dengan sebuah kompetisi yang dianggapnya mengadu aktor.

Halaman:
Sumber History


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.