Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pin Bendera Oranye Hiasi Karpet Merah Oscar 2018

Kompas.com - 05/03/2018, 06:20 WIB
Kistyarini

Editor

Sumber People

KOMPAS.com - Beberapa bintang yang menghadiri perhelatan Academy Awards ke-90 atau Oscar di Dolby Theatre, Los Angeles, Minggu (4/3/2018) waktu setempat akan memakai pin bendera warna oranye.

Pin itu melambangkan dukungan kepada reformasi pengendalian senjata api yang disuarakan organisasi Everytown for Gun Safety.

Organisasi itu merupakan sebuah grup advokasi yang menyuarakan perlunya pencegahan kekerasan.

Salah satu artis yang mendukung organisasi itu adalah komedian Amy Schumer. Sejumlah aktor dan sutradara pun sependapat dengannya.

Peristiwa penembakan di SMA Marjorie Stoneman Douglas, Parkland, Florida, yang menewaskan 17 orang, memicu kembali perdebatan soal pengendalian senjata api di AS.

Menurut Everytown, yang memiliki 4 juta anggota, sudah hampir 300 peristiwa penembakan di sekolah sejak 2013.

Pascapenembakan di Las Vegas yang menewaskan puluhan orang pada Oktober 2017 lalu, banyak artis, di antaranya Julianne Moore dan Emma Stone, berpartisipasi dalam kampanye Everytown.

Pin bendera oranye bukan satu-satunya cara yang digunakan para selebritas untuk mendukung gerakan itu. Beberapa pesohor seperti George Clooney dan Oprah Winfrey menyumbang ratusan dollar AS untuk gerakan March For Our Lives.

Tahun ini para selebritas tidak hanya menampilkan gaun-gaun karya desainer ternama pada malam penghargaan, tetapi juga menunjukkan sikap terhadap sejumlah isu.

Baca juga : Gerakan Mawar Putih di Perhelatan Grammy Awards 2018

Sebut saja gerakan antipelecehan seksual #MeToo dan #TimesUp yang mendominasi karpet merah Golden Globes dan BAFTA.

Para pesohor mengenakan gaun hitam untuk mendukung gerakan itu. Sedangkan di Grammy Awards, para artis musik sepakat menyematkan mawar putih.

Baca juga : Protes Pelecehan Seksual, Para Artis Berbusana Hitam di Golden Globes

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber People
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com