Hamish Daud: Urusan Keuangan, Biaya Parkir Pun Harus Dicatat - Kompas.com
PickMe!
Merupakan konten afiliasi yang memberikan rekomendasi produk. Kami akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian Anda.

Hamish Daud: Urusan Keuangan, Biaya Parkir Pun Harus Dicatat

Kompas.com - 14/03/2018, 14:31 WIB
Hamish Daud dalam acara kampanye #sayanguangnya di Portico Senayan City, Jakarta Pusat, Selasa (31/1/2017).KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Hamish Daud dalam acara kampanye #sayanguangnya di Portico Senayan City, Jakarta Pusat, Selasa (31/1/2017).

KOMPAS.com - Siapa sangka, meski kariernya terus menanjak dan semakin sibuk, aktor Hamish Daud masih sangat ketat soal urusan keuangan. Ia mengaku, selama beberapa tahun terakhir ia terbiasa mencatat semua pemasukan dan pengeluaran bulanannya.

"Catat apa pun yang dikeluarkan, termasuk biaya parkir," tulis Hamish dalam buku berjudul Kece Tanpa Kere yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama pada 2018.

Semua ini dilakukannya bukan tanpa sebab. Suami dari penyanyi Raisa Adriana itu menuliskan, trik pencatatan ini ia terapkan demi berhemat. Pada akhir bulan, Hamish akan me-review lagi semua pengeluaran, termasuk untuk parkir.

"Aku jadi bisa membandingkan pengeluaranku dengan bulan-bulan sebelumnya. Jadi, aku tahu pengeluaran mana yang membengkak dan akan disiasati pada bulan selanjutnya," tulisnya lagi.

Rupanya hangout bersama teman-teman menjadi hal yang sering kali membuat pengeluaran Hamish membengkak.

Hamish bercerita bahwa ia termasuk orang yang sering bersosialisasi. "Sering banget nongkrong atau ketemu teman dengan makan di luar. Sekarang aku sedang mengurangi itu," kata pemain film Critical Eleven ini..

Disadari Hamish, hal ini juga banyak dilakukan generasi muda sekarang, seperti makan di restoran mahal atau membeli baju bermerek demi mengikuti tren.

Oleh sebab itu, ia berpesan kepada generasi muda, terutama first jobber, untuk belajar membelanjakan uang hanya untuk hal-hal penting dan mulai menabung.

"Awal-awal kami bisa belajar untuk hidup hemat dan menghargai uang. Kami juga harus punya tujuan finansial yang jelas sehingga terpacu untuk menabung," begitu saran Hamish.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik: