Misi Nasionalisme Pandji Pragiwaksono di Balik Stand Up World Tour

Kompas.com - 16/03/2018, 19:56 WIB
Pandji Pragiwaksono saat jumpa pers Pragiwaksono Stand Up  World Tour 2018 di Le Seminyak, Cipete, Jakarta Selatan, Jumat (16/3/2018). Kompas.com/Ira GitaPandji Pragiwaksono saat jumpa pers Pragiwaksono Stand Up World Tour 2018 di Le Seminyak, Cipete, Jakarta Selatan, Jumat (16/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com- Komika Pandji Pragiwaksono mengatakan, banyak pelajar Indonesia yang menempuh pendidikan di luar negeri enggan untuk kembali pulang ke tanah air. Fakta itu ditemukan Pandji saat dirinya menggelar tur dunia.

Hal itu diungkap Pandji saat jumpa pers Pragiwaksono Stand Up World Tour 2018 di Le Seminyak, Cipete, Jakarta Selatan, Jumat (16/3/2018).

"Karena di luar negeri ada banyak pelajar Indonesia yang terpapar sama hal-hal baru dan beda. Anak-anak ini mendapatkan sistem yang berbeda. Kualitas pendidikan yang berbeda, punya wawasan yang berbeda," kata Pandji.

"Saya berharap sekali mereka pulang ke Indonesia untuk melakukan sesuatu, tapi kenyataannya saat saya tour, saya baru sadar kalau banyak dari mereka ketika sudah di luar negeri, enggak mau balik ke Indonesia," sambungnya.

[Baca juga : Pandji Pragiwaksono: Banyak Orang Pengin Jadi Politisi, tapi Enggak Ada Kemampuannya ]

Berangkat dari hal tersebut, Pandji tergerak untuk mengembalikan rasa kecintaan para pelajar tersebut akan Indonesia pada setiap konser stand up comedy yang dia gelar di beberapa negara.

"Jadi alasan saya tur di luar negeri adalah saya pengin ketemu sama mereka, saya pengin cerita sama mereka, saya pengin bikin mereka kangen dan cinta lagi dengan Indonesia, dan menyadarkan mereka bahwa ada banyak masalah yang belum terselesaikan," ujar bintang film Rudy Habibie itu.

Pandji juga berharap, para pelajar itu bisa kembali ke Indonesia dan membangun bangsa ini melalui ilmu yang mereka dapat selama belajar di luar negeri.

"Harapannya, anak-anak terbaik kita, kan kalau sudah bisa ke luar negeri kan bukan orang sembarangan ya, jadi dia beruntung secara finansial atau beruntung secara intelektual, yang manapun itu kalau mereka kembali ke Indonesia, akan sangat besar manfaatnya," tutur Pandji.

"Jadi saya pengin terus ke luar negeri ketemu sama mereka dan berdialog bersama mereka supaya mereka bisa balik lagi ke Indonesia dan jadi mereka yang membangun Indonesia," sambung pria yang juga pernah menjadi penyiar radio itu.

Pandji kini tengah disibukkan dengan persiapan Pragiwaksono Stand Up World Tour 2018 yang akan digelar di beberapa kota di dunia.

Pandji akan memulai tur dunia ketiganya itu di Manila, Filipina pada 28 Juli mendatang, kemudian ke kota Shanghai dan Guangzhou di Cina, Dusseldorf dan Nuremberg di Jerman, Amsterdam di Belanda.

Sementara untuk di Indonesia, ada tiga kota yang dikunjungi Pandji yakni Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta.

[Baca juga : Pura-pura Jadi Caleg, Pandji Pragiwaksono Malah Diincar Partai Politik]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.