Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robby Purba: Karma Menjual Cerita yang Sesungguhnya

Kompas.com - 23/03/2018, 10:08 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Program reality show berjudul Karma belakangan menjadi buah bibir. Karma dipandu pembawa acara Robby Purba dengan Roy Kiyoshi sebagai penerawang.

Dalam acara itu, 31 orang peserta berdiri di podium sesuai dengan tanggal lahirnya. Nantinya Roy yang seorang indigo, akan memilih salah satu peserta dan membaca kehidupannya. Roy kemudian akan memberikan beberapa masukan untuk peserta tersebut.

Berkait rating share yang tinggi dari acara ini, Robby Purba memiliki pendapat.

Baca juga : Mengenal Robby Purba, Putra Lampung yang Ingin Fokus Jadi Presenter

"Kenapa masyarakat gemar nonton  Karma? Karena disuguhkan dengan kesempatan bermain dengan theater of mind mereka sendiri, dari kalimat dan kata-kata yang diberikan oleh setiap partisipan," katanya saat ditemui di kawasan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (22/3/2018).

Selain itu, kehadiran Roy juga disebut Robby sebagai salah satu daya tarik acara yang diadaptasi dari reality show Thailand berjudul Secret of Number.

"Dan Roy Kiyosi adalah sebuah fenomena seorang indigo yang mungkin selama ini kita enggak tahu indigo itu apa. Dan akhirnya keluarlah sesosok Roy Kiyoshi ini, yang bikin orang sadar, ternyata ada ya orang indigo," ujarnya.

Tuduhan rekayasa

Banyaknya kejadian aneh di studio saat shooting  Karma berlangsung dan mengundang tanya setiap penontonnya. Beberapa masyarakat menilai bahwa Karma adalah acara hasil rekayasa. Namun, Robby sebagai pembawa acara tidak sependapat akan hal itu, ia punya penjelasannya.

Menurut dia, dengan kemampuan spesialnya, Roy bisa menilai bahwa peserta yang dihadirkan sunggguh-sungguh memiliki masalah atau tidak.

"Kita ada Roy yang bisa menilai, jadi kalau Roy terasa kayaknya orang ini bohong deh, terus dia nulis di papan rob cut dia bohong memang kami cut," kata Robby.

Robby pun mengklaim bahwa Karma menyajikan cerita sesungguhnya, meski jalannya sudah teragendakan.

"Mohon maaf harus kami keluarkan, karena Karma menjual cerita yang sesungguhnya gitu, enggak ada yang fiktif enggak ada yang buatan," imbuhnya.

Baca juga : Giliran Robby Purba yang Dikecup Anggun

Beberapa peserta terbukti pernah diberhentikan dan dikeluarkan dari podium oleh Roy dan Robby.

"Jadi sudah ada beberapa kok yang kami dengan sangat hormat kami keluarkan dari podium," ungkapnya.

Meski pembahasan di acara ini cenderung berbau mistis, namun Robby menjamin bahwa ia dan Roy selalu meluruskan peserta untuk mengingat Tuhan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com