Reza Rahadian Waspadai Batuk yang Tak Kunjung Sembuh

Kompas.com - 25/03/2018, 17:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Reza Rahadian mengaku waspada jika mengalami batuk yang tak kunjung sembuh selama dua pekan berturut-turut.

Reza khawatir batuk tersebut adalah gejala dari penyakit TBC alias tuberkulosis.

"Saya kalau batuk-batuk agak berlebihan. Misal, satu atau dua minggu enggak sembuh, terus-terusan, ya sudah ke dokter," ujar Reza saat menghadiri bincang-bincang kampanye tentang #PeduliKitaPeduliTBC di Tartine Cafe, fX Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (25/3/2018).

Reza bercerita, ia berkaca dari teman-temannya yang mengidap penyakit TBC. Mereka, kata Reza, awalnya menyepelekan batuk yang berkepanjangan.

[Baca juga : Reaksi Reza Rahadian soal Gugatan Hak Cipta Film Benyamin Biang Kerok]

Jika sudah divonis mengidap penyakit TBC, mau tidak mau harus menjalani proses penyembuhan yang akan memakan waktu lama. Berdasarkan prosedur, pengobatan TBC harus dilakukan selama enam bulan penuh, tidak boleh berhenti.

"Ya lebih baik begitu (ke dokter untuk diperiksa), daripada didiamkan," ujar Reza.

Melihat kondisi temannya, Reza mulai berempati. Inilah yang membuatnya bersedia ikut serta dalam kegiatan sosial berupa kampanye pencegahan dan pengobatan TBC. Ia ingin masyarakat sadar bahaya akan penyakit yang menyerang paru-paru tersebut.

[Baca juga : Gading Marten Tak Menyangka Kalahkan Reza Rahadian di IBOMA 2018]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.