Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Penyanyi Korea yang Dapat Perhatian Kim Jong Un

Kompas.com - 04/04/2018, 12:55 WIB
Rizky Chandra Septania,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada 1 April lalu, sejumlah penyanyi veteran dan papan atas Korea Selatan tampil di Konser Persahabatan yang diselenggarakan di Pyongyang, Korea Utara.

Penyanyi tersebut antara lain Cho Yong Pil, Lee Sun Hee, YB, Jung In, ALi, Baek Ji Young, Choi Jin Hee, Seohyun, dan Red Velvet.  

Dalam konser tersebut, orang nomor satu Korea Utara Kim Jong Un tampak hadir untuk menonton penampilan para musisi tersebut.

Menurut Menteri Budaya, Olahraga dan Pariwisata  Korea Selatan Do Jong Hwan yang saat itu duduk di sebelah Kim Jong Un, pemimpin Korea Utara itu banyak mengajukan pertanyaan selama pertunjukan berlangsung.

Baca juga : Red Velvet Ceritakan Pengalaman Bertemu Kim Jong Un

"Ketika seorang penyanyi yang tidak ia kenal muncul di panggung, dia akan bertanya seberapa populer mereka di Korea Selatan. Jika lagu yang dinyanyikan adalah sebuah rilis baru, ia akan bertanya seberapa besar ia di Korea Selatan," ujar Do Jong Hwan seperti dikutip dari All K-Pop.

"Kim banyak bertanya tentang Baek Ji Young lantaran ia tampak mencurahkan isi hatinya ketika bernyanyi," tambahnya.

Dalam konser tersebut, Baek Ji Young menampilkan dua buah lagu yang berjudul "Like Being Hit By a Bullet" dan "Don't Forget".

Kim Jong Un juga dilaporkan memberi tepuk tangan meriah di setiap akhir pertunjukan. Ia juga menaruh perhatian pada lagu lagu Cho Yong Pil, Lee Sun Hee, dan Choi Jin Hee.

Direktur musik Yoon Sang juga angkat bicara tentang Kim Jong Un. Menurut dia, Kim Jong Un sangat menikmati lagu "Man Is Ship, Woman Is Port" yanng merupakan lagu dari  Shim Soo Bong dan didaur ulang oleh YB.

Baca juga : Red Velvet Tak Menyangka Disambut Meriah di Pyongyang

"Kim Jong Un bertanya tentang remake itu karena berbeda dari versi asli. Jadi saya menjelaskan bahwa YB membuat remake khusus karena mendengar jika lagu tersebut populer di Korea Utara," ujar Yoong Sang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com