Netflix Undur Diri dari Festival Film Cannes 2018

Kompas.com - 12/04/2018, 12:37 WIB
Editor Ati Kamil

CANNES, KOMPAS.com -- Pihak Netflix mengundurkan diri dari Festival Film Cannes 2018, yang akan diadakan pada Mei 2018.

Keputusan itu diambil oleh pihak Netflix setelah pihak penyelenggara festival tersebut melarang film dengan platform streaming untuk mengikuti kompetisi, karena pihak produsen film streaming itu menolak memutar film mereka di gedung bioskop.

Hal itu diberitakan oleh Reuters pada Rabu (11/4/2018).

Baca juga: Netflix Tidak Akan Membunuh Bioskop, Kata Salman Aristo  

Kepala Konten Netflix, Ted Sarandos, mengatakan dalam wawancara oleh Variety bahwa tidak ada gunanya untuk tampil di Cannes setelah perubahan aturan.

Direktur Festival Cannes, Thierry Fremaux, mengatakan bulan lalu bahwa Netflix telah menolak memberi distribusi pemutaran film di Perancis dan, karena itu, akan dilarang mengikuti kompetisi pada festival film yang akan diadakan pada 8-19 Mei 2018 di Cannes, Perancis, itu.

Namun, Fremaux mengatakan bahwa Netflix bisa mempertontonkan film-filmnya di luar kategori kompetisi dalam festival film tersebut.

Baca juga: Netflix Gembira, The White Helmets Raih Oscar

Ted Sarandos mengatakan pula kepada Variety bahwa Netflix tidak akan berpartisipasi dalam pemutaran non-kompetisi pada Festival Film Cannes 2018.

"Saya rasa tidak ada alasan untuk mengikuti kompetisi. Peraturan ini secara implisit ditujukan kepada Netflix dan Thierry Fremaux menyatakan secara eksplisit tentang Netflix ketika dia mengumumkan aturan tersebut," tutur Sarandos.

"Kami ingin film-film kami diperlakukan sama seperti pembuat film lainnya," lanjutnya.

"Ada risiko bagi kami mengambil langkah ini dan film kami serta pembuat film diperlakukan dengan tidak hormat di festival. Mereka sudah menciptakan situasi ini. Saya rasa tidak baik bagi kami untuk berada di sini," tambahnya.

Baca juga: LSF: Film-film dalam Netflix Harus Lulus Sensor

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.